Desa Ngalas Siapkan Rumah Isolasi untuk Pemudik

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Ngalas, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten menyiapkan rumah isolasi mandiri bagi warga setempat yang pulang dari rantau. Rumah isolasi memanfaatkan bangunan bekas SD.

Kepala Desa Ngalas, Edy Riyanto, mengatakan, setidaknya sudah ada 10 ruang kelas yang dipersiapkan dan setiap ruang dilengkapi dua tempat tidur yang diberi pembatas. Fasilitas lain yakni kamar mandi, termasuk keperluan logistik.

Rumah isolasi diperuntukkan bagi warganya yang pulang mudik. Penyediaan rumah isolasi merupakan tindaklanjut imbauan pemerintah sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

“Seandianya ada pemudik namun keluarganya menolak karena takut, kita siapkan di sini (rumah isolasi). Tapi nanti mendekati hari raya jika ada yang ngeyel mudik kita masukkan di sini,” ujarnya, Rabu (29/04/2020).

Sementara itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani, menyempatkan untuk berkunjung di rumah isolasi di Desa Ngalas. Pihaknya mengapresiasi langkah pemerintah desa setempat dalam membantu penanggulangan Covid-19.

“Di desa-desa yang lain jika ada rumah atau bangunan kosong dan layak bisa digunakan untuk ruang isolasi mandiri bagi warganya yang pulang mudik. Ini penting untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya. (Lia)

BERITA REKOMENDASI