Desa Persiapan Cari Sosok Sekdes Pengganti

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sejumlah desa sudah menyiapkan sekretaris desa (sekdes) pengganti non Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk melaksanakan tugas. Hal itu dilakukan menyusul ada rencana penarikan PNS yang menjabat sebagai sekdes. Apabila jadi ditarik maka dikhawatirkan terjadi kekosongan jabatan.

Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Setyo Aji Nugroho, Jumat (15/9/2017) mengatakan, desa sudah melakukan persiapan sejak jauh hari. Sebab sudah lama muncul informasi mengenai rencana penarikan PNS sekdes. Hal itu menyusul adanya kebijakan dari pemerintah berkaitan dengan posisi sekdes berasal dari non PNS. Aturan yang mendasarinya salah satunya dari UU Desa.

Berkaitan dengan hal itu maka pihak desa telah melakukan persiapan mencari sekdes pengganti. Namun siapa penggantinya belum diketahui. Sebab rencana penggantikan belum bisa dilaksanakan sekarang dan masih menunggu kebijakan lanjutan dari bupati.

“Soal penarikan PNS sekdes kami serahkan sepenuhnya ke Pemkab Sukoharjo. Tapi desa memang sudah ancang ancang mencari sosok pengganti sekdes berasal dari non PNS,” ujar Setyo Aji Nugroho.

Ancang ancang yang dilakukan desa memberikan keuntungan karena saat dilaksanakan penarikan nantinya mereka tidak kelabakan. Sebab desa sangat membutuhkan sosok sekdes dalam menjalankan tugasnya.

“Desa punya banyak kegiatan dan anggaran yang harus dikelola. Jadi butuh sumber daya manusia yang mumpuni untuk melaksanakannya termasuk sekdes,” lanjutnya.

Meski sudah melakukan persiapan namun penentuan siapa sosok sekdes pengganti tetap ditangan Pemkab Sukoharjo. Desa hanya bisa berharap mendapatkan sekdes pengganti sesuai harapan yang mampu melaksanakan tugas.

Kepala Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura Dwi Mogol Nuryanto mengatakan, memang sudah mendengar rencana Pemkab Sukoharjo melakukan penarikan PNS sekdes. Hal itu langsung disikapi sesuai dengan kebijakan dari Pemkab Sukoharjo dengan mencari sosok pengganti sekdes berasal dari non PNS.

Sosok sekdes pengganti diharapkan bisa menjalankan program pemerintahan desa maupun Pemkab Sukoharjo. Termasuk juga dalam perencanaan dan pengelolaan keuangan desa.

“Soal sekdes pengganti kami siap sesuai kebijakan Pemkab Sukoharjo,” ujar Mogol. (Mam)

BERITA REKOMENDASI