Desa Plosowangi Sentra Produksi Rambak Kulit

KLATEN, KRJOGJA.com – Kampung GT3W ( Gonalan, Tukuman, Tegalmulyo, Tlukan, Wahyumulyo) di Desa Plosowangi, Kecamatan Cawas, Klaten merupakan sentra industri rambak kulit sapi. Banyak warga di Kampung GT3W ini merupakan pengusaha rambak. Industri rumah tangga rambak dengan bahan baku kulit sapi ini merupakan industri warisan turu temurun dari nenek moyang mereka.

Kepala Desa Plosowangi, Surip Harsowiyono Minggu (2/8) mengatakan, industri rambak kulit di desanya merupakan mampu menyerap banyak tenaga kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat. “Kampung rambak ini kami masukkan dalam program inovasi desa. Potensi yang ada di desa kami adalah pembuatan rambak sapi, abon sapi, dan sebagian warga juga sebagai bakul daging sapi serta tahu bakso. Kedepan kampung rambak ini akan kami masukkan di salah satu pengembangan BUMDes Desa Plosowangi,” kata Surip Harsowiyono.

Salah satu sengusaha rambak sapi, Suparno mengungkapkan, mempekerjakan tenaga kerja lokal, dari warga lingkungan Plosowangi dan sekitarnya.Bbahan baku kulit sapi didapat dari lokal Klaten, Boyolali, Jogja, dan dari Jawa Timur.

BERITA REKOMENDASI