Desa Ponggok Siapkan Rp 600 Juta Bantu Ekonomi Warga

Editor: Ivan Aditya

Kemudian simulus tahap kedua dari pemerintah desa memberikan sembako ke seluruh warga sekitar 760 KK. Selanjutnya pada tahap ketiga di pertengahan puasa simulus dari RT/RW berupa sembako untuk lingkungan masing-masing. Rata-rata sembako yang diberikan senilai Rp 150.000 per KK.

“Nanti sebelum lebaran dari kelompok-kelompok seperti Pokdarwis, UMKM, perikanan dan lainnya akan memberi subsidi ke anggotanya masing-masing. Karena tiap kelompok ini memiliki dana cadangan sekitar Rp 100 juta per kelompok,” ujarnya.

Junaedi memperkirakan, berdasarkan prediksi para pakar, pandemi Covid-19 akan sampai bulan Juli 2020. Kemudian di masa pemulihan nanti, pemerintah desa akan memberikan bantuan simulus ke UMKM, pelaku pariwisata, industri kreatif dan lainnya berupa bantuan modal untuk menggerakkan ekonomi warga.

“Kalau kita hitung (masa pandemi sampai masa pemulihan), dari desa, kami menyiapkan anggaran sekitar Rp 600 juta. Dana ini diambil dari PADes sekitar Rp 400 juta, Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa sekitar Rp 300 juta. Semoga bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya. (Lia)

BERITA REKOMENDASI