Dewan Desak Underpass Makamhaji Segera Diperbaiki

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Rencana perbaikan underpass Makamhaji di Desa Makamhaji Kecamatan Kartasura mendapat respon positif dari berbagai pihak. Keberadaan bangunan penghubung Kabupaten Sukoharjo dengan Kota Solo tersebut sekarang mengalami kerusakan parah. Perbaikan diharapkan secepatnya bisa segera direalisasikan mengingat pentingnya jalan.

Ketua DPRD Sukoharjo Wawan Pribadi, Kamis (18/02/2021) mengatakan, sudah mendengar namun belum mengetahui secara pasti kejelasan mengenai rencana pemerintah pusat melakukan perbaikan underpass Makamhaji, Kartasura. DPRD Sukoharjo merespon baik rencana tersebut mengingat underpass Makamhaji, Kartasura masih menjadi kewenangan penuh pemerintah pusat.

“Karena itu kewenangan pusat maka kami respon positif rencana perbaikan underpass Makamhaji, Kartasura ditangani pemerintah. Sudah muncul banyak keluhan mengingat kondisinya mengalami kerusakan,” ujarnya.

DPRD Sukoharjo meminta pada pemerintah pusat serius terkait infrastruktur di daerah termasuk di Kabupaten Sukoharjo yang masih menjadi kewenangannnya. Kerusakan harus segera diperbaiki pemerintah pusat agar masyarakat tidak selalu menyalahkan pemerintah daerah. Disisi lain, Pemkab Sukoharjo langsung bergerak cepat melakukan perbaikan dan pembangunan baru terhadap infrastruktur yang menjadi kewenangan daerah.

“Tidak hanya underpass Makamhaji, Kartasura beberapa infrastruktur jadi kewenangan pusat di Sukoharjo kami harap segera diselesaikan. Sebab itu menyangkut pemenuhan kebutuhan masyarakat atau untuk publik,” lanjutnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo Bowo Sutopo Dwi Atmojo, mengatakan sudah lega walaupun sekarang masih sebatas rencana. Meski begitu pemerintah pusat sudah ada inisiatif melakukan perbaikan underpass Makamhaji, Kartasura. Sebab kondisi bangunan sekarang mengalami kerusakan parah seperti pada bagian jalan dan saluran air.

“DPUPR Sukoharjo sudah sering berkirim surat ke pemerintah pusat dan mungkin sekarang sudah ada jawaban. Walaupun baru sebatas rencana tapi setidaknya kami sudah lega karena pemerintah pusat memberi respon terhadap kerusakan underpass Makamhaji, Kartasura,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI