Dewan Kesenian Klaten Rintis Lima Desa Ramah Budaya

Editor: Agus Sigit

KLATEN, KRjogja.com – Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya minta agar Dewan Kesenian (Wankes) Klaten segera melakukan pencanangan Desa Ramah Budaya. Hal itu dikemukakan Wakil Bupati pada acara Focus Group Dicussion (FGD) Pamong Budaya Desa yang digelar oleh Dewan Kesenian Klaten, di Gedung Sunan Pandanaran, Senin (11/10/21).

Yoga Hardaya berharap dengan adanya FGD tersebut, bisa menumbuhkan semangat bagi para pemangku pemrintah tingkat kabupaten hingga desa, untuk melestarikan budaya di Klaten.

Menurut Wakil Bupati, Kabupaten Klaten merupakan gudangnya kesenian sekaligus gudangnya para seniman kondang. Untuk itu, Wabup mengusulkan segera dicanangkan desa ramah budaya.

“Sudah banyak potensi desa yang ramah budaya. Iitu belum dicanangkan, maka saya minta Dewan Kesenian agar segera mencanangkan. Ini nanti untuk kebanggaan Klaten, dan untuk memeotivasi desa-desa lain dalam mewujudkan desa ramah budaya itu. Di Jateng belum ada pencanangan desa ramah budaya, untuk itu saya minta wankes segera mewujudkan,” kata Wabup.

Lebih lanjut dijelaskan Yoga Hardaya, perlunya pencanangan desa ramah budaya, agar ada nilai lain dengan Kabupaten Klaten terkait budaya. Diantarnya, agar anak cucu rmengetahui dan memahami keberagaman budayaan yang ada di Klaten. Selain itu, budaya juga sebagai karakter dalam kehidupan masyarakat sehar-ihari.

Dengan adanya fasilitas gedung yang dibuat oleh pemerintah desa dan difasilitasi dari dana APBD, diharapkan akan meramaikan kegiatan di pedesaan. Menimbulkan pergerakan ekonomi desa, dalam mewujudkan Klaten maju mandiri dan sejahtera.

Ketua panitia penyelenggara FGD, Untung Setyardi mengemukakan, terdapat lima rintisan desa ramah budaya. Yakni Desa Temuwangi Kecamatan Pedan, Desa Delanggu Kecamatan Delanggu, Desa Danguran Kecamatan Klaten Selatan, Desa Tibayan Kecamatan Jatinom, dan Desa Ngering Kecamatan Jogonalan.

Ketua Harian Dewan Kesenian Klaten, FX Setiawan mengemukakan, Wankes terus berupaya untuk mewujudkan kondisi yang baik bagi kehidupan seni budaya di Klaten. Mewujudkan kelembagaan seni budaya di seluruh wilayah Klaten, terkonsolidasinya seni budaya daerah secara merata, serta mewujudkan gerakan seni budaya oleh masyarakat dengan merintis terwujudnya pamong desa budaya. (Sit)

 

BERITA REKOMENDASI