Di Rumah Mulkanti Muncul Sumber Mata Air

SUKOHARJO, KRjogja.com – Sumber mata air ditemukan di halaman rumah milik Mulkanti warga Dukuh Kradonan RT 2 RW 4 Desa Genengsari, Kecamatan Polokarto. Temuan tersebut membuat kaget pemilik rumah dan warga sekitar. Petugas melakukan pemantauan sekaligus penjagaan dilokasi untuk menghindari hal tidak diinginkan.

Mulkanti, Kamis (21/09/2017) mengatakan, awal penemuan sumber mata air muncul karena penasaran di halaman rumahnya sering terlihat rembesan air tanah. Kebetulan halaman rumahnya masih berupa tanah liat. Jadi begitu ada rembesan air mudah terlihat dan menyebabkan rasa penasaran besar. 

Di halaman rumah Mulkanti juga tidak memiliki pipa jaringan air sehingga dianggap aneh muncul rembesan air. Pada Senin (18/09/2017) sore akhirnya Mulkanti dan dibantu anaknya Suparno berusaha menjawab rasa penasarannya dengan melakukan penggalian tanah dilokasi terdapat rembesan air.

Penggalian awal dilakukan dengan menggunakan cangkul di 60 centimeter. Usai digali ternyata muncul air melalui rembesan tanah. Setelah dibiarkan beberapa waktu air terlihat menggenang pada lubang galian. Meski debitnya tidak besar namun membuat Mulkanti dan Suparno tetap kaget. "Saya tidak tahu sumber air ini darimana karena memang aneh tiba tiba muncul di halaman rumah,” ujarnya.

Kabar penemuan sumber mata air di halaman rumah Mulkanti langsung dengan 
cepat tersebar ke tetangga. Beberapa orang datang untuk melihat secara langsung. Bahkan diantara mereka memberanikan diri meminum air tersebut.

Babinsa Kodim 0726 Sukoharjo wilayah Desa Genengsari, Kecamatan Polokarto Sertu Supriyadi bersama petugas lainnya juga ikut mendatangi lokasi. Hal itu dilakukan untuk melihat sekaligus melakukan pemantauan di rumah Mulkanti.

"Kabar penemuan sumber mata air memang mengagetkan masyarakat di Desa Genengsari, Kecamatan Polokarto. Beberapa orang bahkan mempercayai air itu memiliki khasiat menyembutkan penyakit. Kami minta masyarakat jangan mudah  terpancing karena pembuktiannya harus melalui penelitian," ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI