Di Sukoharjo, Tak Pakai Masker Denda Rp50 Ribu

“Aturan tegas ini langsung diterapkan pekan depan dan sekarang sedang disiapkan Perbup terkait penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona,” ujarnya.

Penerapan aturan langsung dilakukan mengingat sebelumnya sejak Maret lalu Satpol PP Sukoharjo sering melakukan sosialisasi dan membagikan masker gratis pada masyarakat. Karena itu waktu sudah cukup bagi masyarakat memahami dan bersiap melaksanakan aturan tegas tersebut.

“Warga yang kedapatan tidak memakai masker saat beraktivitas diluar rumah maka dikenakan sanksi denda uang mulai Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu. Sedangkan pelaku usaha yang melanggar dihukum penutupan atau dicabut izin operasionalnya,” lanjutnya.

Heru menjelaskan, dalam Perbup juga diatur tindakan tegas berupa sanksi bagi pelaku pelanggaran. Bentuknya mulai dari pendataan dan penyitaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), kerja sosial seperti menyapu jalan dan membersihkan saluran air. Hukuman lebih diperberat apabila ada warga sering kedapatan melakukan pelanggaran tidak memakai masker berulang kali dengan sanksi denda uang berjenjang.

“Artinya kalau ada warga kedapatan melanggar tidak memakai masker sekali maka dikenakan denda uang Rp 50 ribu. Kalau dua kali maka naik menjadi Rp 100 ribu dan seterusnya,” lanjutnya.

Satpol PP Sukoharjo sekarang bersama petugas tim gabungan masih terus melakukan razia masker terhadap pengguna jalan disejumlah wilayah. Kegiatan digelar dengan melibatkan petugas dari sejumlah instansi lain tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo.

Razia masker digelar Satpol PP Sukoharjo bersama petugas gabungan lain berdasarkan Surat Keputusan Bupati Sukoharjo Nomor 440/446 Tahun 2020 Tentang Penetapan Perpanjangan Status Kejadian Luar Biasa (KLB) Virus Corona di Kabupaten Sukoharjo.

“Petugas sebelumnya juga sering melakukan razia masker disejumlah tempat tidak hanya di jalan, namun juga di pasar tradisional, pusat perbelanjaan modern dan perkantoran,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI