Diduga Rem Blong, Bus Sasak Tebing

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Diduga rem blong, sebuah mikro bus jurusan Boyolali – Selo alami kecelakaan di jalur Solo – Selo – Borobudur (SSB), Selasa (31/10/2017), sekitar pukul satu siang, menyebabkan dua penumpang meninggal dan beberapa lainnya terluka.

Dari informasi yang dihimpun, kecelakaan bermula saat bus bernopol AD-1762-AD yang dikemudikan Rohmat, warga Desa Sukabumi, Kecamatan Cepogo, melaju dari arah Selo menuju Kota Boyolali, dengan membawa delapan penumpang. Saat sampai di tikungan, beberapa ratus meter sebelum Pasar Cepogo, bus menghantam tebing ladang di sisi kanan jalan dan membuat badan bus bagian depan ringsek. Warga yang mengetahui kejadian tersebut langsung melakukan evakuasi kepada para penumpang.

Sebagian dievakuasi ke Puskesmas Cepogo, dan lainnya dirujuk ke RSUD Pandanarang, Kota Boyolali. Sayang, dua penumpang bus naas tersebut, yakni nyonya Slamet (60), warga Dukuh Sambungrejo, Desa Mliwis, Kecamatan Cepogo, dan Siti Munjazanah (55) warga Dukuh Bendosari, Desa/ Kecamatan Cepogo, meninggal dunia. Sementara penumpang yang terluka terdapat yang mengalami patah tulang dan ada pula yang menderita gegar otak.

Menurut Tumi (45), salah satu penumpang warga Desa Mliwis, Kecamatan Cepogo menceritakan, saat kejadian, ia naik bus hendak pulang usai berjualan ayam di Pasar Selo. Namun sebelum kecelakaan, bus melaju berkecepatan cukup tinggi namun berjalan oleng. Karena merasa khawatir dan panik dengan laju bus yang kencang meski di jalur menurun dengan kelokan yang tajam, ia bersama penumpang lain sempat memperingatkan sopir bus agar memelankan laju kendaraan.

"Saya teriak –  teriak memperingatkan sopir. Tahu-tahun bus sudah menabrak tebing," katanya.  

Ia juga tak merasakan adanya upaya pengereman dari sopir, sesaat sebelum bus menabrak tebing. Ia menduga hal tersebut disebabkan rem bus tak berfungsi.

Petugas dari Polsek Cepogo, Aiptu Romdoni menjelaskan, penyebab kecelakaan kemungkinan karena rem blong sehingga sopir kehilangan kendali. Sopir kemudian membanting setir ke arah kanan sehingga bus menabrak tebing dan kemudian terguling. 

"Para korban langsung dievakuasi untuk mendapat perawatan medis," pungkasnya. (Gal)

 

 

BERITA REKOMENDASI