Digelar 8 Desember, Pilkades Diikuti 98 Calon

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Jumlah peserta pemilihan kepala desa (pilkades) di 14 desa sudah lengkap. Masing masing desa telah memiliki calon kepala desa akan dipilih oleh warga yang memiliki hak pilih pada 8 Desember mendatang. 

Wakil Bupati Sukoharjo Purwadi, Minggu (4/12) mengatakan, tahapan akhir guna menentukan calon kepala desa yang maju dalam Pilkades telah selesai. Penetapan dan pengumuman dilaksanakan setelah melalui proses panjang baik administrasi maupun tes tertulis.

Mwenruut Wabup seleksi tambahan dilakukan di tiga desa yakni Desa Gumpang dan Desa Pabelan Kecamatan Kartasura dan Desa Gedangan Kecamatan Grogol karena jumlah pendaftarnya melebihi batas maksimal lima orang. Di Desa Gumpang ada 8 pendaftar, Desa Pabelan 9 dan Desa Gedangan 13. Setelah melalui tes tertulis maka masing masing desa tersebut hanya meloloskan maksimal 5 orang sesuai dengan ketentuan.

“Bakal calon yang tidak lolos harus legowo. Kalau mau maju di Pilkades harus ada syarat yang harus dipenuhi apabila ada kekurangan maka tidak lolos,” ujar Purwadi.

Setelah penetapan dan pengumuman calon kepala desa diharapkan semua pihak ikut menjaga kondusifitas daerah. Termasuk juga bakal calon tidak lolos dan calon kepala desa yang kalah saat pilkades digelar. (Mam)

BERITA REKOMENDASI