DIPA Polres Klaten Sebesar Rp 117 Miliar Lebih

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN (KRJOGJA.com)– Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Polres Klaten tahun 2019, sebesar Rp 117 miliar lebih. Jumlah ini mengalami penurunan sekitar Rp 5 miliar dibanding tahun sebelumnya. Hal ini dikemukakan Kapolres Klaten AKBP Aries Andhi didampingi Kabag Ren Kompol Linda Dwi Purwani, di sela sosialisasi dan penandatanganan DIPA 2019 di aula Satyahaprabu, Senin (31/12) 2018.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, dari total anggaran lebih dari Rp 117 miliar tersebut sebagian besar untuk belanja pegawai, yakni untuk pembayaran gaji yang mencapai Rp 86 miliar lebih. Sedangkan sebanyak Rp 31 miliar lebih untuk belanja barang.

Penurunan penerimaan DIPA tahun 2019 dikarenakan tidak adanya anggaran untuk pembayaran gaji ke 14. Sedangkan untuk belanja barang justru naik, berkenaan dengan momentum Pemilu. “Tahun lalu anggaran gaji ke -14 sudah masuk dalam DIPA, namun tahun 2019 tidak dikeluarkan dalam DIPA, mungkin nanti pemerintah pusat akan langsung menyalurkan,” kata Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, dari postur DIPA yang ada, anggaran paling besar pada pelaksanaan operasi Mantap Brata menyerap hampir Rp 5 miliar. Hal ini terkait kegiatan mendekati Pileg dan Pilpres nanti. Anggaran sudah diterima, karena proses tahapan juga sudah berjalan. “Kami mengundang teman-teman media sebagai bentuk transparanis. Agar masyarakat tahu berapa DIPA yang didapat Polres Klaten, sehingga dalam pelaksanaan nanti bisa dicermati bersama apakah sudah dilaksanakan atau belum,” jelas Kapolres.

Kapolres juga mengemukakan, untuk kegiatan inovasi kepolisisan sudah masuk dalam anggaran satuan kerja masing-masing, tinggal bagaimana mengelola dan memodifikasi kegiatanya. “Kami berkomitmen tidak akan melakukan tindakan yang tercela, missal memotong DIPA dari masing-masing Satker atau Kapolsek. Itu sangat menciderai jiwa kepemimpinan,” tegas Kapolres.

Kapolres menegaskan akan melakukan pengawasan secara ketat terhadap proyek-proyek yang dibiayai DIPA tersebut. Untuk itu semua pihak yang terlibat diharapkan menjalankan kewajiban dengana baik. (Sit)

 

BERITA REKOMENDASI