Disabilitas Berhak Dapat Keadilan Tanpa Diskriminasi

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Disabilitas berhak mendapatkan keadilan tanpa diskriminasi dalam memperoleh pekerjaan. Hal itu sangat penting terlebih lagi ditengah kondisi pandemi virus Corona seperti sekarang dimana percepatan peningkatan ekonomi keluarga sangat dibutuhkan. Sulitnya akses kerja membuat kondisi semakin terpuruk.

Ketua Paguyuban Difabel Sehati Sukoharjo Edy Supriyanto, Minggu (4/4/2021) mengatakan, pemerintah pusat sudah mengatur terkait hak yang bisa diperoleh disabilitas dalam berkehidupan. Salah satunya berkaitan tentang mendapat keadilan tanpa diskriminasi dalam mendapat pekerjaan. Hal itu sudah diatur dalam Undang Undang Nomor 8 Tahun 2016 di pasal 5 huruf (f), pasal 11. Dalam itu dijelaskan, tentang hak pekerjaan dan upah yang sama, memperoleh akomodasi yang layak, tidak diskriminasi, program kembali kerja, penempatan kerja, mengembangkan karir dan pengembangan kewirausahaan mandiri.

“Pekerjaan, kewirausahaan dan korepasi merupakan hak penyandang disabilitas yang sudah diatur Undang-undang. Keadilan tanpa diskriminasi itu terus kami pantau dan minta ke pemerintah kepada disabilitas. Apalagi ditengah pandemi virus Corona seperti sekarang sangat dibutuhkan bagi disabilitas,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI