Disdikbud Pantau Pembelajaran di Sekolah

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sekolah di Kabupaten Sukoharjo mulai menerapkan kurikulum baru berupa Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2022/2023. Guru dan siswa diminta segera beradaptasi dengan penerapan sistem pembelajaran baru sesuai kebijakan dari pemerintah pusat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo Darno, Rabu (13/07/2022) mengatakan, Kurikulum Merdeka sudah resmi diterapkan di sekolah pada tahun ajaran baru 2022/2023 ini. Sekolah telah mendapatkan pembinaan dari Disdikbud Sukoharjo. Para guru juga sudah diberi pelatihan dan pembekalan.

“Kurikulum Merdeka sudah berlaku pada tahun ajaran baru 2022/2023. Sekolah menerapkannnya dengan sistem baru sesuai kebijakan pemerintah pusat,” ujarnya.

Disdikbud Sukoharjo meminta pada kepala sekolah untuk membantu pengawasan penerapan Kurikulum Merdeka. Disisi lain, guru dan siswa diminta beradaptasi dengan sistem baru pembelajaran sekolah.

“Memang seperti itu kebijakan pemerintah ada kurikulum baru. Guru dan siswa harus adaptasi dengan sistem baru pembelajaran,” lanjutnya.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo Warsini, mengatakan berdasarkan data Disdikbud Sukoharjo di sekolah tingkat SMP negeri dan swasta yang akan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sesuai Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 025/H/KR/2022 tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Jalur Mandiri Pada Tahun Ajaran Baru 2022/2023 tahap I ada sebanyak 59 SMP.

Disdikbud Sukoharjo juga menerima surat lainnya Nomor 027/H/KR/2022 tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Jalur Mendiri Pada Tahun Ajaran Baru 2022/2023 Tahap II sebanyak 6 SMP. Dua surat tersebut dipakai sebagai dasar pegangan Disdikbud Sukoharjo pada pelaksanaan dua tahap penerapan Kurikulum Merdeka di sekolah sesuai keputusan dari pusat pada tahun ajaran baru 2022/2023 mendatang.

Di Kabupaten Sukoharjo pada tahun ajaran baru 2022/2023 di sekolah tingkat SMP juga ada 1 SMP yakni SMP yang akan menerapkan Mandiri Belajar pada Kurikulum Merdeka. Selain itu Mandiri Berubah ada 64 SMP negeri dan swasta.

Masing-masing sekolah tingkat SMP yang akan menerapkan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran baru 2022/2023 sudah mendapatkan informasi dan sosialisasi dari Disdikbud Sukoharjo berdasarkan surat dari pusat. Disdikbud Sukoharjo juga telah melakukan persiapan di masing-masing sekolah tersebut.

“Ada dua tahap penerapan Kurikulum Merdeka di sekolah tingkat SMP di Kabupaten Sukoharjo pada tahun ajaran baru 2022/2023 mendatang. Disdikbud Sukoharjo sudah melakukan persiapan di SMP tersebut,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI