Dishub Sukoharjo Berencana Aktifkan Trafficlight Kadilangu

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo akan melakukan penataan ulang lalu lintas kendaraan di simpang tiga Kadilangu Baki. Hal itu dilakukan setelah pembangunan berupa pelebaran dan peningkatan jalan serta saluran air direalisasikan Pemkab Sukoharjo. Penataan tersebut meliputi pengaktifan trafficlight, penambahan lajur kendaraan dan pembangunan ulang pos pantau.

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo Toni Sri Buntoro, Kamis (12/11/2020), mengatakan, proyek pelebaran dan peningkatan jalan serta saluran air di simpang tiga Kadilangu, Baki sudah terlaksana dan tinggal menunggu waktu saja selesai beberapa hari kedepan. Pembangunan tersebut sudah sangat ditunggu untuk mengatasi masalah kemacetan lalu lintas kendaraan serta banjir saat musim hujan.

“Di simpang tiga Kadilangu, Baki tentunya setelah proyek pelebaran dan peningkatan jalan oleh Pemkab Sukoharjo akan dilakukan penataan ulang lalu lintas disana. Salah satunya seperti rencana pengaktifan trafficlight,” ujarnya.

Toni menjelaskan, kondisi di simpang tiga Kadilangu, Baki sebenarnya sudah lama terpasang trafficlight. Pemasangan dilakukan oleh Dishub Sukoharjo sekitar tahun 2017 lalu dan belum pernah diaktifkan. Lampu hanya dinyalakan pada warna oranye sebagai bentuk tanda hati-hati bagi pengguna jalan.

“Trafficlight di simpang tiga Kadilangu, Baki selama ini memang massif non aktif karena kondisi jalan sempit. Apabila dipaksakan justru akan membuat kemacetan semakin parah. Jadi setelah pelebaran jalan ini sangat membantu,” lanjutnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo, Bowo Sutopo Dwi Atmojo, mengatakan, Pemkab Sukoharjo tetap memprioritaskan proyek pelebaran dan peningkatan jalan serta saluran air di simpang tiga Kadilangu, Kecamatan Baki. Dalam dua tahun trakhir pengerjaan berulangkali tertunda akibat gagal lelang. Meski demikian, anggaran yang telah tersedia tetap disediakan untuk pelaksanaan pada tahun 2020.

Proyek tersebut akhirnya bisa direalisasikan tahun ini setelah dalam proses lelang dapat terlaksana. Pembangunan sudah berjalan dan segera selesai sebelum Desember mendatang. Pengerjaan dilakukan berupa pelebaran dan peningkatan jalan serta saluran air di simpang tiga Kadilangu, Baki.

“Pengerjaan sudah berjalan dan segera selesai. Kami harap bisa diselesaikan sebelum Desember dan bisa digunakan masyarakat. Proyek di simpang tiga Kadilangu, Baki dimaksudkan untuk memperlancar arus lalu lintas sekaligus mengatasi masalah banjir akibat luapan air dari saluran yang sekarang sudah diperbaiki,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan proyek tersebut Pemkab Sukoharjo sudah menyediakan anggaran sebesar Rp 2 miliar. Anggaran tersebut sama seperti dua tahun sebelumnya yang telah disediakan meski akhirnya tertunda terlaksana akibat gagal lelang. (Mam)

BERITA REKOMENDASI