Dishub Sukoharjo Maksimalkan Parkir Kendaraan di Grogol

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Potensi pendapatan parkir kendaraan di tepi jalan di wilayah Kecamatan Grogol sangat besar. Namun demikian belum semua dapat dikelola dan terserap daerah. Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo akan berkoordinasi melibatkan Pemerintah Kecamatan Grogol dan pihak terkait untuk membantu pengelolaan agar lebih maksimal.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Sukoharjo Marjono, Selasa (18/01/2022) mengatakan, Kecamatan Grogol masuk sebagai kecamatan dengan tingkat potensi pendapatan besar dibidang parkir kendaraan di tepi jalan. Hal tersebut dapat terlihat secara visual dimana banyak tempat usaha, tersedia tempat parkir, dan kendaraan yang terparkir.

Di wilayah Kecamatan Grogol potensi paling besar berada di kawasan Solo Baru. Namun demikian pengelolaan parkir kendaraan belum maksimal. Belum semua potensi pendapatan parkir yang ada dikelola Dishub Sukoharjo.

“Secara visual memang banyak kendaraan parkir di Solo Baru. Namun belum semua dapat kami kelola dan masuk kas daerah. Kecamatan Grogol memang punya potensi besar dibanding 11 kecamatan lain,” ujarnya.

Beberapa kendala dihadapi dalam pengelolaan parkir kendaraan di tepi jalan di wilayah Kecamatan Grogol khususnya di kawasan Solo Baru. Salah satunya berkaitan adanya pihak yang mengklaim sebagai pengelola parkir. Padahal sesuai ketentuan parkir kendaraan di tepi jalan dikelola sepenuhnya oleh Pemkab Sukoharjo melalui Dishub.

Oleh Dishub Sukoharjo nantinya pengelolaan akan dilakukan dengan menempatkan juru parkir (jukir) resmi. Selama bertugas jukir juga dilengkapi kartu tanda anggota (KTA), karcis, dan seragam resmi dari Dishub Sukoharjo.

“Itulah pekerjaan rumah (PR) kami. Solo Baru kedepan diharapkan memberi kontribusi besar pendapatan parkir untuk daerah,” lanjutnya.

Selain Grogol, kecamatan lain merupakan wilayah berpotensi besar seperti Kecamatan Kartasura dan Sukoharjo. Kedua kecamatan tersebut pengelolaan parkir kendaraan di tepi jalan sudah maksimal. Kontribusi besar ke daerah juga telah berjalan.

Marjono mengatakan, Dishub Sukoharjo menghadapi tahun 2022 khususnya dibidang parkir kendaraan di tepi jalan umum menaikan sedikit target dibanding tahun 2021. Terpenting juga kenaikan angka target pendapatan parkir kendaraan di tepi jalan umum dilakukan setelah melihat besarnya potensi.

“Target parkir kendaraan di tepi jalan umum tahun 2021 sekitar Rp 1.006.377.000. Sedangkan tahun 2022 kami target kenaikan sedikit sekitar 3 persen dikisaran angka Rp 1,1 miliar,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI