Dishub Sukoharjo Surati Pusat untuk Selesaikan Masalah Parkir

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Penanganan masalah parkir kendaraan disebuah pusat perbelanjaan di Pabelan, Kartasura yang jadi penyebab kamecatan sampai kepihak Kementerian Perhubungan. Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo mengirim surat ke pemerintah untuk membantu menyelesaikan masalah. Sebab Analisis Dampak Lingkungan Lalu Lintas (Amdal Lalin) dikeluarkan oleh pusat.

Kepala Dishub Sukoharjo Joko Indrianto, Selasa (23/1/2018) mengatakan, sudah mendengar keluhan dari masyarakat. Keluhan datang tidak hanya dari warga setempat namun juga secara keseluruhan disejumlah wilayah di Sukoharjo. Bahkan keluhan datang dari warga luar daerah yang sering melintas di Jalan A Yani, Pabelan, Kartasura.

Joko menjelaskan, masalah parkir kendaraan disebuah pusat perbelanjaan di Pabalen, Kartasura memang sangat menganggu. Sebab dititik tersebut sering menjadi pusat kemacetan kendaraan.

Status Jalan A Yani sendiri merupakan jalan negara yang kewenangannya langsung ditangani pemerintah pusat. Hal itu seperti dalam izin Amdal Lalin dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan.

“Dishub Sukoharjo sudah berusaha menyelesaikan masalah tapi tidak bisa gegabah. Sebab penanganannya harus melibatkan pusat dimana pihak pusat perbelanjaan tersebut mendapat izin Amdal Lalin dari Kementerian Perhubungan,” ujar Joko Indriyanto.

Surat resmi sudah dikirim Dishub Sukoharjo ke Kementerian Perhubungan dan diharapkan segera mendapat jawaban dalam waktu dekat. Isinya berkaitan dengan penataan parkir kendaraan disebuah pusat perbelanjaan di Pabelan, Kartasura.

“Dalam surat yang kami kirim ke Kementerian Perhubungan juga kami sertakan sejumlah catatan. Tidak hanya penataan juga usulan pemindahan titik masuk atau keluar parkir kendaraan,” lanjutnya.

Sambil menunggu jawaban resmi dari Kementerian Perhubungan pihak Dishub Sukoharjo sudah menerjunkan petugas untuk membantu mengatur lalulintas di Jalan A Yani, Pabelan, Kartasura. Pengaturan difokuskan pada akhir pekan khususnya Sabtu dan Minggu menginggat disaat itu sering terjadi kemacetan.

Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Finan Sukma Radipta mengatakan, pihaknya juga sudah turun tangan menyelesaikan keluhan masyarakat dengan mengirim surat resmi ke pihak manajemen pusat perbelanjaan. Meski begitu penanganan secara keseluruhan belum bisa dilakukan mengingat pihak pusat perbelanjaan juga telah mengantongi izin Amdal Lalin dari Kementerian Perhubungan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dishub Sukoharjo dan penanganannya sendiri perlu melibatkan pusat,” ujarnya. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI