Dishub Sukoharjo Tekankan Pemudik Penuhi Syarat Vaksinasi

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo tidak akan melakukan penyekatan namun lebih menekankan kelengkapan persyaratan mudik lebaran tahun 2022 pada pemudik. Penekanan tersebut berupa kewajiban sudah mendapatkan vaksin virus Corona. Petugas juga akan mengecek kelengkapan rapid tes dan PCR bagi yang tidak bisa menunjukkan bukti vaksin.

Kepala Dishub Sukoharjo Toni Sri Buntoro, Senin (11/04/2022) mengatakan, pelonggaran mudik lebaran dari pemerintah pusat ditindaklanjuti dengan kesiapan di daerah seperti dilakukan oleh Dishub Sukoharjo. Mudik ditengah kondisi masih pandemi virus Corona membuat pemeriksaan tetap diperketat. Namun demikian, Dishub Sukoharjo memastikan tidak akan melakukan penyekatan.

Dishub Sukoharjo hanya akan melaksanakan sesuai petunjuk dari pemerintah pusat terkait mudik lebaran 2022 yakni penekanan tersebut berupa kewajiban sudah mendapatkan vaksin virus Corona dosis 1, dosis 2 dan dosis 3 atau booster. Petugas juga akan mengecek kelengkapan rapid tes dan PCR bagi yang tidak bisa menunjukkan bukti vaksin.

Pemudik yang kedapatan belum mendapatkan vaksin virus Corona nantinya akan diikutkan program vaksinasi di Sukoharjo. Pelayanan vaksinasi virus Corona diberikan seperti di puskesmas maupun tempat pelayanan yang telah disediakan oleh Pemkab Sukoharjo maupun instansi terkait lainnya.

“Tidak ada penyekatan pada mudik lebaran tahun 2022. Pemerintah pusat menekankan terkait pemeriksaan kelengkapan pemudik sudah mendapat vaksin virus Corona,” ujarnya.

Toni menjelaskan, pemeriksaan terhadap kedatangan pemudik masuk wilayah Kabupaten Sukoharjo dilakukan secara menyeluruh. Baik di pos pelayanan yang sudah disediakan dibeberapa wilayah, maupun ditingkat desa atau kelurahan hingga RT dan RW. Pengetatan dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan pemudik sekaligus mengetahui status vaksinasi virus Corona.

“Karena itu dilibatkan banyak pihak dari tim gabungan. Pemudik ini datang ke Kabupaten Sukoharjo tidak hanya dipastikan kondisi sehat saja, melainkan juga harus sudah mendapat vaksin virus Corona,” lanjutnya.

Dishub Sukoharjo pada mudik lebaran tahun 2022 ini juga melakukan persiapan terkait jalur dan rambu petunjuk arah. Pemetaan sudah dilakukan disejumlah wilayah dan hasilnya akan digunakan untuk menghadapi arus mudik lebaran nanti.

“Persiapan jalur dan rambu masih sama seperti mudik lebaran tahun sebelumnya. Tapi tahun ini penekanannya pada vaksinasi virus Corona,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI