Dishub Sukoharjo Waspadai Parkir Liar, Ini Sebabnya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Parkir liar kendaraan di wilayah Kecamatan Baki dan Kartasura atau disepanjang jalur pengalihan arus lalu lintas dampak dari pembangunan flyover Purwosari, Solo akan ditertibkan. Petugas memberikan tindakan tegas agar akses lalu lintas kendaraan lancar dan tidak terjadi kemacetan panjang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo Djoko Indrianto, Jumat (17/1) mengatakan, sosialisasi masih terus dilakukan kepada masyarakat baik berkaitan dengan jalur pengalihan arus lalu lintas kendaraan maupun teknis lain. Tidak terkecuali juga disampaikan pada masyararakat mengenai titik parkir kendaraan yang boleh dipakai dan dilarang.  "Dishub Sukoharjo sudah memetakan beberapa titik rawan disalahgunakan sebagai parkir liar kendaraan sehingga menjadi penyebab kemacetan," katanya.

Dia menjelaskan salah satu titik tersebut berada di simpang tiga Dlopo, Kadilangu, Baki. Dilokasi tersebut setiap hari banyak ditemukan truk pengangkut pasir dan muatan lain parkir disepanjang jalan. Selain itu juga banyak mobil pribadi juga parkir menggunakan badan jalan.

Keberadaan parkir liar kendaraan tersebut diharapkan sudah tidak ada lagi saat pengalihan arus lalu lintas mulai diterapkan awal Februari nanti. Areal terlarang harus steril dan tidak boleh disalahgunakan.

Titik parkir liar kendaraan rawan lainnya berada disepanjang jalur Jalan Slamet Riyadi, Kartasura. Banyak mobil pribadi terparkir menggunakan badan jalan. “Parkir kendaraan harus ditempatkan pada tempat yang sudah disediakan. Jalan harus steril untuk kemudahan akses selama pengalihan arus lalu lintas kendaraan selama pembangunan flyover Purwosari, Solo,” ujarnya.

Dishub Sukoharjo akan melakukan penindakan tegas apabila masih menemukan parkir liar kendaraan. Bentuknya baik berupa teguran, pemindahan paksa kendaraan hingga surat tilang. “Soal penindakan akan kami koordinasikan dengan pihak Satlantas Polres Sukoharjo. Sebab jalur yang disiapkan memang dikhususkan untuk kendaraan bergerak dan tidak boleh parkir liar sembarangan sehingga jadi penyebab kemacetan,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI