Disnakkan Boyolali Genjot Populasi Sapi

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Tahun ini, target pembuntingan sapi melalui Program Sapi Indukan Wajib Bunting (Siwab) di Boyolali meningkat menjadi 65 ribu, dibanding tahun lalu sebanyak 50 ribu ekor. 

"Target aseptor atau sapi yang dibuntingi dengan inseminasi buatan tahun ini 65 ribu ekor sapi, dimana 18 ribu ekor adalah sapi perah," terang Kasi Perbibitan Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, Sugiyarto, Rabu (21/3). 

Dari jumlah aseptor tersebut, target inseminasi yang tersedia sebanyak 104 ribu dosis. Untuk ukuran ideal, satu ekor sapi membutuhkan dua kali inseminasi agar potensi kebuntingannya tinggi. Namun terbatasnya jumlah dosis, menyebabkan tak semua sapi mendapat dua kali inseminasi yang dilakukan secara gratis tersebut. 

"Tahun lalu tingkat kebuntingan mencapai 70 persen, dimana dari 50 ribu ekor sapi, sebanyak 45 ribu ekor berhasil bunting dan sapi yang melahirkan sebanyak 36 ribu ekor,"

Dalam program ini, seluruh anggaran disediakan oleh pemerintah pusat dan pihaknya hanya memfasilitasi agar program berjalan lancar sesuai target. Tiap bulan, pihaknya melakukan pengecekan pelaksanaan program. Berbagai akomodasi dan bantuan untuk meningkatkan populasi sapi juga terus dialirkan kepada para peternak. (Gal)

BERITA REKOMENDASI