Dispendukcapil Percepat Pelayanan E-KTP

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Antrian rekam data dan pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Sukoharjo tidak perlu sampai menunggu lama. Permohonan dari masyarakat langsung diselesaikan dalam waktu singkat. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi penumpukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sukoharjo Sriwati Anita mengatakan, pelayanan sistem administrasi kependudukan di Sukoharjo terus dipermudah dan dipercepat. Pelayanan dimaksimalkan dengan menerjunkan petugas turun langsung ke tingkat desa, kelurahan dan kecamatan. Usaha jemput bola dianggap efektif untuk mengatasi banyaknya permintaan pelayanan.

Masyarakat juga dinilai memiliki kesadaran tinggi untuk segera mengurus data kependudukan baik berupa e-KTP maupun Kartu Keluarga (KK). “Kami maksimalkan pelayanan supaya cepat agar tidak terjadi penumpukan. Baik itu rekam data hingga pencetakan e-KTP,” ujar Anita.

Bentuk percepatan pelayanan juga dilakukan Dispendukcapil Sukoharjo dengan aktif meminta blangko e-KTP ke pemerintah pusat. Dengan demikian maka setelah proses rekam selesai maka pencetakan -eKTP tidak perlu ditunda. (Mam)

BERITA REKOMENDASI