Dispendukcapil Sukoharjo Lakukan Perawatan Server

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sukoharjo memanfaatkan momen libur Lebaran untuk melakukan perawatan server. Selain itu juga memberi kesempatan petugas beristirahat setelah kerja keras melakukan pemenuhan data pemilih dalam Pemilu 2019 kemarin. Pelayanan pada masyarakat baru akan diberikan pada saat hari pertama kerja 10 Juni nanti.

Kepala Dispendukcapil Sukoharjo Sriwati Anita, Selasa (04/06/2019) mengatakan, khusus pada Lebaran tahun 2019 ini Dispendukcapil Sukoharjo meliburkan pelayanan adminsitrasi kependudukan pada masyarakat. Hal itu berbeda dibandingkan tahun sebelumnya dimana saat Lebaran pelayanan tetap buka.

Perubahan kebijakan dilakukan karena ada beberapa pertimbangan teknis perawatan server dan jaringannya. Sebab sebelumnya server selalu dipakai kerja lembur untuk memenuhi kebutuhan pelayanan masyarakat berkaitan dengan administrasi kependudukan. Selain itu juga untuk memenuhi kebutuhan data pemilih Pemilu 2019.

Kondisi server dan jaringannya yang terus dipakai menyebabkan sering terjadinya gangguan teknis. Karena itu butuh waktu khusus untuk melakukan perawatan. Kesempatan tersebut dipilih saat libur Lebaran.

Kebijakan meliburkan pelayanan administrasi kependudukan juga dilakukan karena memberi waktu istirahat pada petugas. Sebab sebelumnya mereka juga diminta kerja lembur memberikan pelayanan pada masyarakat khususnya saat menghadapi pemilu.

“Server dan petugas juga perlu mendapatkan kesempatan istirahat. Pelayanan administrasi kependudukan sementara libur selama Lebaran dan akan dilayani kembali pada hari pertama kerja 10 Juni nanti,” ujarnya.

Sebelum diterapkan Dispendukcapil Sukoharjo sudah memberikan sosialisasi ke masyarakat. Merekapun menyambut baik dan bisa menerima alasan tersebut.

“Masyarakat juga sudah kami sosialisasi dan mengerti karena server dan jaringannya juga butuh perawatan. Percuma kalau dipaksakan dipakai namun tidak maksimal,” lanjutnya.

Nantinya pada saat hari pertama pelayanan dibuka 10 Juni nanti Dispendukcapil Sukoharjo akan memaksimalkannya. Sebab disaat ini diprediksi akan terjadi lonjakan permintaan dari masyarakat.

“Permintaan pelayanan administrasi kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA) dan lainnya sangat tinggi. Jadi saat hari pertama kerja akan kami maksimalkan,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI