Dispendukcapil Sukoharjo Terima 10 Ribu Blangko Cetak

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sukoharjo menerima tambahan kuota sebanyak 10 ribu keping blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Blangko tersebut sangat membantu mengingat jumlah antrean cetak KTP-el mencapai 37 ribu orang.

Kabid Pendaftaran Penduduk Dispendukcapil Sukoharjo Wisnu Murti, Selasa (28/1) mengatakan, pemerintah pusat pada awal Januari 2020 sudah menurunkan total 10 ribu keping blangko cetak KTP-el untuk Dispendukcapil Sukoharjo. Kuota diturunkan dalam dua tahapan. Untuk tahap pertama sebanyak 4 ribu keping dan tahap kedua 6 ribu keping. Semua blangko cetak KTP-el tersebut sekarang sudah diterima Dispendukcapil Sukoharjo.

“Sekarang masih kami proses pencetakan KTP-el mudah mudahan segera terselesaikan. Pemerintah pusat sendiri sudah memberikan kiriman blangko cetak pada Dispendukcapil Sukoharjo total 10 ribu keping,” ujarnya.

Pencetakan sengaja dipercepat Dispendukcapil Sukoharjo mengingat pemohon dari masyarakat sangat banyak. Setiap hari selalu ada masyarakat meminta pelayanan rekam data KTP-el. Setelah rekam maka tinggal dilakukan proses pencetakan saja.

Pada awal tahun 2020 ini Dispendukcapil Sukoharjo melakukan terobosan perubahan teknis pembagian KTP-el yang sudah dicetak pada masyarakat. Apabila pengambilan dilakukan di kantor Dispendukcapil Sukoharjo maka sekarang cukup diambil di masing masing kecamatan. Hal itu dilakukan untuk mempermudah masyarakat, selain itu juga memotong jumlah antrean di kantor Dispendukcapil Sukoharjo.

“Per Januari 2020 masyarakat bisa mengambil KTP-el yang sudah dicetak atau surat keterangan (suket) sebagai pengganti KTP-el yang belum dicetak di masing masing kecamatan,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI