DKK Sukoharjo Lakukan Kajian Prokes di 20 Sekolah

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 20 SMA dan SMK di Kabupaten Sukoharjo masuk dalam tahap kajian kesiapan protokol kesehatan sebagai syarat melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM). Kajian dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo setelah ada pengajuan permohonan dari pihak sekolah kepada pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Kepala DKK Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Senin (19/04/2021) mengatakan, kondisi di Kabupaten Sukoharjo saat ini baru saja selesai dilaksanakan uji coba PTM tahap pertama dimulai pada 5-16 April lalu. Lima sekolah penyelenggara tersebut yakni SMPN 1 Sukoharjo, SMAN 1 Sukoharjo, SMKN 1 Sukoharjo, MAN 1 Sukoharjo dan MTSn 2 Sukoharjo. Uji coba PTM tahap kedua kemudian dilanjutkan di 13 sekolah tingkat SMP disetiap kecamatan mulai 19-30 April.

Sekolah tingkat SMP sudah lebih dulu melaksanakan uji coba PTM tahap kedua karena sudah dilakukan kajian. Disisi lain juga diprioritaskan karena masih menjadi kewenangan Pemkab Sukoharjo. Sedangkan sekolah tingkat SMA dan SMK menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan sekarang baru tahap pengajuan permohonan kajian.

DKK Sukoharjo melakukan kajian sekarang dan masih dalam proses dengan melibatkan puskesmas di masing masing kecamatan. Hasil kajian dari DKK Sukoharjo tersebut nantinya akan dikirim ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebagai dasar bagi sekolah layak tidak melaksanakan uji coba PTM.

Apabila layak, maka sekolah tersebut berhak langsung melaksanakan uji coba PTM. Namun bila tidak maka sekolah wajib melakukan pembenahan sesuai kelengkapan protokol kesehatan.

“Ditingkat SMP sudah ada kelanjutan uji coba PTM tahap kedua. Sedangkan tingkat SMA dan SMK masih dalam tahap kajian protokol kesehatan. Ada 20 sekolah sedang dalam proses dan dicek oleh puskesmas di masing masing kecamatan,” ujarnya.

DKK Sukoharjo saat ini selain melakukan kajian protokol kesehatan di 20 SMA dan SMK juga sedang melakukan proses evaluasi khususnya di lima sekolah yang melaksanakan uji coba PTM tahap pertama. Evaluasi dilakukan setelah uji coba PTM selesai semua. Petugas akan melihat apakah setelah uji coba PTM ada kasus penyebaran virus Corona atau tidak di sekolah tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Warsini, mengatakan, uji coba PTM tahap pertama di SMPN 1 Sukoharjo sudah selesai dilaksanakan pada 5-16 April lalu. Selama uji coba PTM tersebut berjalan dengan lancar setelah dilakukan pemantauan setiap hari sejak awal hingga akhir kegiatan.

Usai uji coba PTM tersebut SMPN 1 Sukoharjo mulai 17 April hingga dua minggu kedepan kembali melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau online atau daring. Kegiatan tersebut dilakukan sambil menunggu hasil evaluasi uji coba PTM dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. Evaluasi secara internal juga dilakukan daerah melibatkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo.

Kelanjutan uji coba PTM di SMPN 1 Sukoharjo dikatakan Warsini tetap harus menunggu hasil evaluasi sebelumnya. Hal itu untuk memastikan pelaksanaan uji coba PTM sebelumnya apakah sudah sesuai harapan atau masih perlu perbaikan. (Mam)

BERITA REKOMENDASI