DKP Bangkitkan Kembali Kesenian Ketoprak

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Setelah sekitar 27 tahun tenggelam dalam kancah kesenian tradisional di Kabupaten Purworejo, seni pertunjukan ketoprak kini mulai dibangkitkan kembali oleh Dewan Kesenian Purworejo (DKP). Dan ternyata penggemarnya justru datang dari kawula muda yang pada zamannya belum lahir.

Dari sebuah workshoop ketroprak yang menghadirkan tokoh seni tradisional Yogya, Purwadmadi dan Bondan Nusantara para pelajar di Purworejo mampu menyuguhkan panggung ketoprak dengan lakon Sinuhun Prabangkara karya Bondan Nusantara. Mereka para siswa SMA Negeri 2 Purworejo dengan berbagai karakternya yang masih remaja mampu membawakan peran yang cukup menarik.

“Sudah sekitar 27 tahun tidak ada pertunjukan ketoprak di Purworejo, bahkan mungkin kesenian panggung ini sudah sangat asing di telinga anak-anak remaja sekarang,” kata Ketua DKP Angko Setiyarso Widodo SH, Minggu (15/12/2019) malam.

Di sela-sela menikmati pertunjukan ketoprak di Gedung Kesenian Purworejo ini Angko Setiyarso Widodo masih melihat lucu dalam kemasan gagap anak-anak muda dalam membawakan lakon yang disuguhkan. “Semangat yang luar biasa, patut kita apresiasi karena tentunya mereka bukan pelaku-pelaku ketoprak yang sesungguhnya,” tandas Angko Setiyarso Widodo.

Untuk membangkitkan kembali seni panggung ini menurut Angko Setiyarso Widodo, butuh komitmen dan perjuangan bersama karena ketoprak terasa sudah tidak merakyat lagi. “Berbeda dengan era sebelum tahun 1990, dimana seni tradisional ini sangat digandrungi banyak orang,” tambahnya.

Kendati demikian di Purworejo masih ada grup atau kelompok ketoprak yang masih hidup meskipun sudah kalah dengan berbagai jenis kesenian lainnya. “Sesekali kelompok ini masih tampil pada hajadan tertentu,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Purworejo Agung Wibowo AP.

Menurutnya, kelompok ketroprak yang dimungkinkan masih hidup ada di Kecamatan Purwodadi dan Bagelen. “Kelompok Ketoprak dari Desa Karangrejo Kecamatan Loano sudah tidak pernah terdengar lagi,” tambahnya.(Nar)

BERITA REKOMENDASI