DLH Sukoharjo Gunakan Lahan Perluasan TPA Mojorejo

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo langsung menggunakan perluasan lahan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Mojorejo di Desa Mojorejo, Kecamatan Bendosari.

Penggunaan dilakukan untuk tempat pembuangan sampah serta pengolahan energi terbarukan berupa gas metan untuk dialirkan gratis ke masyarakat sekitar. Hasil gas metan belum bisa dijual ke umum karena berbagai kendala meski memiliki keuntungan untuk pendapatan daerah.

Kepala DLH Sukoharjo Agustinus Setiyono, Sabtu (20/2) mengatakan, luas lahan TPA Mojorejo, Bendosari sebelumnya pada hingga tahun 2020 hanya ada 4 hektare. Namun terhitung Januari tahun 2021 luasan bertambah 2.700 meter persegi setelah Pemkab Sukoharjo melakukan perluasan. Setelah lahan bertambah luas maka langsung dimanfaatkan untuk tempat pembuangan dan pengolahan sampah. Pemanfaatan dilakukan dengan membuang sampah ke lahan baru tersebut. Hal itu sekaligus mengurangi tumpukan sampah yang menggunung dan dikhawatirkan bisa terjadi suatu hal buruk tidak diinginkan seperti longsoran hingga mengenai petugas.

BERITA REKOMENDASI