Donor Darah Saat Pandemi Tetap Aman

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Donor darah di masa pandemi tetap aman asalkan dengan memenuhi protokol kesehatan. Untuk itu masyarakat dihimbau tetap melakukan donor seperti biasa.

Hal itu dikemukakan dr Ova, dokter pelayanan unit donor darah PMI Cabang Klaten, disela acara donor darah dalam rangka HUT Tjokro Hotel Klaten ke-8, Rabu (29/07/2020).

Lebih lanjut dr Ova mengemukakan, dari pedonor yang datang semuanya lolos screeneng, memenuhi syarat untuk pengmabilan darah. Para peserta kebanyakan mereka yang sudah sering donor, usia antara 30 hingga 40.

Stock darah diawal pandemi benar-benar kekurangan, namun sekarang sudah mulai meningkat dan memenuhi kebutuhan pasien dalam satu hingga dua bulan terakhir. Sekarang kembali dilakukan sosialisasi ke masyarakat untuk menggencarkan donor darah.

“1.800 an, kalau lebih dari 2.000 masih susah saat pandemi seperti ini. Kalau sebelum pandemi kan jadwal pedonor sudah teratur, tetapi sekarang kan mau datang saja pada takut. Itu kesulitan kenapa stcok kita sempat turun drastis,” jelas dr Ova.

Menurut dr Ova, saat pandemi justru masyarakat lebih menjaga kesehatan, sehingga para pedonor yang datang tidak ada satapun yang gagal.

Sisi Siswati, Sekretaris dan Marcom Tjokro Hotel Klaten mengemukakan, donor darah salah satu kegiatan sosial rutin yang dilakukan saat ulang tahun Tjokro Hotel. Tahun ini rangkaian kegiatan ulang tahun lebih sederhana, akibat pandemi Covid 19. Acara puncak yang seharusnya tanggal 15 Agustus akan ditunda pada 17 Agustus sekaligus upacara Hari Kemerdekaan RI.

“Kegiatan kebanyakan terkait CSR. Mulai awal Juli jumlah tamu sudah lumayan, pemerintah sudah mulai menggelar acra. Acara pesta pernikahan kita belum adakan, tetapi kalau acara akad nikah sudah banyak permintaan. Itupun protokol kesehatan ketat. Makan tamu kita yang ambilkan, dimaksudkan untuk pencegahan penularan Covid. Kalau ambil sendiri-sendiri kan alat sentuhan banyak tangan, ini kita hindari dulu,” kata Sisi. (Sit)

BERITA REKOMENDASI