DPRD Sukoharjo Ingatkan Perketat Pengawasan Prokes

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – DPRD Sukoharjo mengingatkan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk tetap memperketat pengawasan protokol kesehatan (Prokes) selama pelonggaran kegiatan puasa Ramadhan dan mudik Lebaran. Disisi lain, masyarakat juga wajib menerapkan Prokes. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi lonjakan kasus positif virus Corona ditengah upaya percepatan vaksinasi yang masih dilaksanakan setiap hari.

“Pemerintah pusat memang memberi pelonggaran untuk masyarakat melakukan kegiatan selama puasa Ramadhan hingga Lebaran. Tapi bukan berarti melonggarkan Prokes. Tetap harus Prokes secara ketat dan OPD terkait kami ingatkan untuk membantu pengawasan,” ujar Ketua DPRD Sukoharjo Wawan Pribadi, Senin (18/04/2022).

DPRD Sukoharjo menekankan pentingnya pengawasan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus virus Corona. Sebab pelonggaran kegiatan masyarakat yang diberikan pemerintah pusat dikhawatirkan bisa menambah kasus positif virus Corona. “Baik saat kegiatan puasa Ramadhan ini maupun nanti mudik Lebaran tetap wajib Prokes,” lanjutnya.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani, mengatakan, pada puasa Ramadhan tahun ini pemerintah sudah mengizinkan pelaksanaan shalat tarawih berjamaah di masjid. Namun demikian kegiatan tetap wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat mengingat pandemi virus Corona belum berakhir. Masyarakat diminta melakukan pencegahan serta antisipasi sejak dini agar tidak terjadi penyebaran virus Corona. Lonjakan kasus diharapkan juga tidak terjadi selama puasa Ramadhan.

Pemkab Sukoharjo sudah meminta pada organisasi perangkat daerah (OPD) dan pihak terkait untuk membantu melakukan sosialisasi dan edukasi serta pemantauan pelaksanaan shalat tarawih berjamaah di masjid. Ketentuan penerapan protokol kesehatan secara ketat ditegaskan Etik Suryani tidak boleh ditawar lagi.

“Saya bersama Forkopimda Sukoharjo sudah keliling wilayah dan ikut tarling. Hasilnya shalat tarawih berjamaah di masjid pada puasa Ramadhan ini sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ujarnya.

Bupati mengucapkan terimakasih atas dukungan dan keterlibatan semua pihak dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat saat pelaksanaan shalat tarawih berjamaah di masjid. Hal sama juga disampaikan kepada takmir masjid yang telah membantu mengingatkan jamaah untuk tetap memakai masker. (Mam)

BERITA REKOMENDASI