DPU Sediakan Trotoar City Walk Bagi Difabel

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Difabel di Sukoharjo meminta disediakan fasilitas umum (fasum) ramah difabel salah satu lokasinya di city walk di Jalan Jenderal Sudirman. Pembangunan miliaran rupiah yang dikerjakan sekarang belum mengakomidir kebutuhan difabel.

Ketua Paguyuban Difabel Sehati Sukoharjo Edy Supriyanto mengatakan, pembangunan city walk tidak hanya untuk masyarakat umum saja melainkan juga difabel. Difabel sangat membutuhkan kemudahan akses fasum khususnya untuk melintas di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman.

Kondisi jalan yang ramai dan padat kendaraan dikhawatirkan bisa membahayakan keselamatan difabel. Karena itu untuk mengaksesnya difabel perlu difasilitasi dengan melintas di trotoar.

Paguyuban Difabel Sehati Sukoharjo mengeluhkan pembangunan fasum di city walk Jalan Jenderal Sudirman tidak sesuai harapan. Meski sudah dibangun namun kondisinya curam dan tidak ada tiang pegangan. Kondisi tersebut dianggap masih membahayakan keselamatan difabel.

“Difabel berhak mendapatkan fasilitas umum seperti trotoar untuk berjalan dan lainnya sesuai dengan kebutuhan difabel. Kebutuhan antara difabel dengan orang pada umumnya memang beda,” ujar Edy kepada KRjogja.com, Sabtu (10/12/2016).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sukoharjo Suraji mengatakan, siap mengakomodir dan memfasilitasi kebutuhan difabel. Hal itu dilakukan karena difabel punya hak sama melintas dengan aman dan nyaman di trotoar city walk di Jalan Jenderal Sudirman.

“Kami siap menyediakan sesuai keinginan difabel. Kalau ada pohon atau tiang besi yang mengganggu maka demi kelancaran akses difabel maka akan kami hilangkan,” ujar Suraji. (Mam)

BERITA REKOMENDASI