Draf Raperda Protokol Kesehatan Disiapkan Pemkab Sukoharjo

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pedoman Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Terhadap Protokoler Kesehatan Dalam Penanganan Covid-19 masih dalam penyusunan draf. Pemkab Sukoharjo menarget dapat diselesaikan secepatnya dan diserahkan ke DPRD Sukoharjo untuk dilakukan pembahasan pada akhir Oktober.

Harapannya pada November mendatang sudah ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda). Keberadaan Perda tersebut sudah sangat ditunggu sebagai landasan hukum kuat dalam penegakan protokol kesehatan mengingat kasus positif virus corona sekarang terus bertambah.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo Heru Indarjo, Jumat (16/10/2020), mengatakan, Pemkab Sukoharjo sekarang masih berusaha secepatanya menyelesaikan draf Raperda tentang Pedoman Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Terhadap Protokoler Kesehatan Dalam Penanganan Covid-19. Draf tersebut sudah dalam bentuk naskah akademik.

Pemkab Sukoharjo sendiri menarget draf raperda tersbeut bisa diselesaikan dan diserahkan ke DPRD Sukoharjo pada akhir Oktober ini. Selanjutnya dilakukan bersama dengan dewan dan ditargetkan bisa ditetapkan menjadi Perda pada November mendatang.

“Draf raperda masih dikebut untuk diselesaikan dan segera diserahkan ke DPRD Sukoharjo pada akhir Oktober. Harapannya November mendatang sudah ditetapkan Perda,” ujarnya.

Satpol PP Sukoharjo sudah lama menunggu keberadaan Perda tentang Pedoman Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Terhadap Protokoler Kesehatan Dalam Penanganan Covid-19. Sebab perda tersebut menjadi landasan hukum kuat bagi pelaksanaan kegiatan operasi protokol kesehatan di masyarakat. Sanksi juga akan diterapkan kepada pelaku pelanggaran dengan memberikan hukuman denda.

“Jelas sangat dibutuhkan perda tersebut, apalagi sekarang kasus positif virus corona di Sukoharjo terus meningkat. Perda itu akan dipakai dalam kegiatan operasi protokol kesehatan dan memberikan sanksi bagi pelaku pelanggaran,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI