Dua Titik Jalan di Proliman Sukoharjo Ambles

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Dua titik jalan ambles di Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di bundaran tugu Adipura atau depan rumah dinas bupati Sukoharjo. Perbaikan langsung dilakukan petugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo. Selama perbaikan arus lalu lintas terganggu dan mengakibatkan kepadatan kendaraan.

Salah satu warga Sukoharjo, Yoko, Kamis (04/05/2017) mengatakan, amblesnya jalan terjadi dalam rentang waktu berbeda. Pertama terjadi tepat di bundaran tugu Adipura beberapa hari lalu. Sedangkan kedua, baru ambles Rabu (03/05/2017) kemarin tepatnya di depan rumah dinas bupati.

Kondisi lubang pada jalan yang ambles cukup besar sekitar setengah meter dan panjang dua meter. Amblesnya jalan sudah dilaporkan warga ke petugas dan langsung mendapatkan penanganan.

“Jalan ambles kemungkinan karena kondisi pondasi sudah rapuh dan tidak kuat. Terlebih lagi banyak kendaraan berat melintas dan menyebabkan jalan ambles,” ujar Yoko.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo Suraji mengatakan, pihaknya sudah mengetahui kondisi jalan yang ambles di depan rumah dinas bupati. Perbaikan langsung dilakukan dengan menerjunkan sejumlah petugas.

“Perbaikan sudah dilakukan dan kemungkinan butuh waktu tidak lebih dari satu minggu selesai,” ujar Suraji.

Perbaikan sengaja dikebut karena kondisi jalan ambles sangat mengkawatirkan. Sebab dilokasi tersebut padat kendaraan terlebih lagi berada di tengah kota.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo melakukan perbaikan dengan pengecoran beton. Sistem tersebut dilakukan agar kondisi jalan semakin kuat.

“Perbaikan kemungkinan tidak butuh waktu satu minggu. Tapi untuk pengeringan cor beton butuh waktu lebih lama. Selanjutnya bisa dipakai,” lanjutnya.

Suraji mengatakan, amblesnya jalan terjadi karena memang kondisi pondasi sudah berumur. Kerusakan dianggap wajar dan langsung dilakukan perbaikan. (Mam)

BERITA REKOMENDASI