Dua TPS Di Boyolali Bakal Lakukan Pemungutan Suara Ulang

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Bawaslu Boyolali merekomendasikan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 8 Desa Karangjati, Kecamatan Wonosegoro,menyusul temuan dugaan petugas KPPS TPS setempat yang mencobloskan surat suara milik DPT lain. 

"Dari pengakuan, pemilih yang dicobloskan petugas KPPS tersebut setidaknya ada sekitar 10 orang," kata Ketua Bawaslu Boyolali, Taryono, Minggu (21/4).

Dijelaskannya, temuan tersebut bermula dari beredarnya sebuah video yang viral di masyarakat berdurasi 3menit 16 detik, dimana terlihat seorang pria berbaju batik terlihat beberapa kali mencoblos surat suara saat proses pencoblosan 17 April lalu. Saat investigasi, diketahui video tersebut terjadi di TPS 8 Desa Karangjati, Wonosegoro. 

Saat melakukan klarifikasi, KPPS setempat mengakui rekaman video tersebut terjadi di TPS-nya.  Atas temuan tersebut, Bawaslu Boyolali memberikan rekomendasi kepada KPU Boyolali agar pemilihan ulang atau PSU dilakukan di TPS tersebut, sebab dinilai ada kesalahan prosedur pelaksanaan Pemilu. 

"Kami juga akan membawa kasus ini ke Tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) untuk menelusuri dugaan pelanggaran tersebut. Apabila syarat formil dan materiil dugaan pelanggaran pidana pemilu terpenuhi, kami akan menindaklanjuti lagi," katanya. 

Selain TPS 8 Desa Karangjati, pihaknya juga merekomendasikan PSU di TPS 26 Kelurahan Siswodipuran, Boyolali Kota, disebabkan adanya temuan 10 orang dari luar Boyolali yang tak masuk dalam DPT, namun melakukan pencoblosan di TPS tersebut. 

Terkait rekomendasi PSU di TPS 8 Desa Karangjati tersebut, Ketua KPU Boyolali, Ali Fachrudin mengatakan, pihaknya sudah mendapat laporan terkait dugaan pelanggaran dan akan ikut melakukan penyelidikan. Sementara terkait rekomendasi PSU di TPS 26 Kelurahan Siswodipuran, KPU Boyolali saat ini masih dalam persiapan pelaksanaan. Untuk teknis pelaksaan PSU sendiri diatur dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2019, dimana PSU dilakukan dalam tenggat 10 hari setelah pemilu. (Gal)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI