Edy Sulistyanto Wujudkan Klaten Kota Ketoprak

KLATEN, KRjogja.com – Edy Sulistyanto founder FKP yang juga owner Amigo Grup memang terlahir dengan darah Cina, namun demikian ia merasa sebagai orang Jawa yang hidup di Klaten. Bukan hanya dari tutur bahasa Jawanya yang sangat halus, tetapi juga kecintaanya terhadap budaya Jawa.

Selama delapan tahun, Edy Sulistyanto berusaha mewujudkan impianya agar Klaten menjadi kota Ketoprak. Impian itu sudah benar-benar terwujud. Hingga tahun 2017 sudah 4.523 pelajar terbentuk menjadi kader pelestari seni tradisional ketoprak. Mereka adalah para lulusan festival ketoprak Pelajar (FKP).    

Dengan dana CSR usaha bisnisnya, memulai mengadakan festival ketoprak pelajar. Awalnya hanya diikuti beberapa sekolah dengan pementasan seadanya. Namun demikian, pria yang murah senyum ini tak patah semangat. Ia terus melakukan evaluasi , serta terus berinovasi agar bisa menarik lebih banyak sekolah untuk mengikuti festival ketoprak.

Menyadari bukanlah ahli dalam seni ketoprak, Edy Sulistyanto berusaha menggandeng bebeapa pihak. Diantaranya seniman kondang Bondan Nusantara dan para seniman dari Omah Wayang Klaten. “Saya kan tidak tahu apa-apa tentang ketoprak, beruntung ada Mas Apri dari Omah Wayang, SD Kristen III dan Mas Bondan yang mendampingi sampai sekarang,” kata Edy Sulistyanto.

Dari tahun ke tahun ia terus menggelar festival ketoprak, hingga tidak terasa kini sudah memasuki tahun yang ke delapan. Sewindu sudah usaha keras Edy Sulistyanto untuk menghidupkan kembali seni ketorak yang dulu mati suri, kini berhasil.

Virus ketoprak mulai menyebar ke mana-mana. Bukan hanya di kalangan seniman, melainkan juga di kalangan pelajar, guru, bahkan baru-baru ini para pejabat di Klaten juga pentas ketoprak.

Sewindu adalah perjalanan panjang dan penuh liku. Pada awal digelar FKP tingkat SMA/SMK hanya diikuti diikuti 4 sekolah dengan melibatkan 120 pelajar pemain. Pada tahun 2017 FKP telah diikuti sebanyak 24 sekolah. Total pelajar yang terlibat dari tahun 2010 hingga 2017 sebanyak 3.159 siswa. (Sit)

BERITA REKOMENDASI