Empat Pasar di Sukoharjo ‘Kritis’, Warga Desak Dilakukan Perbaikan

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Empat pasar tradisional direncanakan akan dibangun tahun ini. Total anggaran sebesar Rp 5,016 miliar telah disiapkan oleh Pemkab Sukoharjo.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo, Rabu (21/2/2018) mengatakan, empat pasar tradisional tersebut yakni Pasar Kepuh di Kecamatan Nguter, Pasar Purwo di Kecamatan Weru, Pasar Daleman di Kecamatan Baki dan Pasar Plumbon di Kecamatan Mojolaban.

Pasar tradisional tersebut masuk dalam program skala prioritas pembangunan mengingat kondisi bangunan sekarang sudah tidak layak. Selain itu juga sebagai bentuk perhatian Pemkab Sukoharjo kepada para pedagang kecil.

Sebelum dilakukan pelaksanaan pembangunan telah dilakukan perencanaan matang oleh Pemkab Sukoharjo. Seperti pembuatan DED dan persiapan anggaran pembangunan.

“Rencananya Tahun 2018 ada empat pasar tradisional dibangun oleh Pemkab Sukoharjo. Diharapkan bisa selesai sebelum akhir tahun,” ujar Sutarmo.

Persiapan pembangunan sekarang juga telah dilakukan salah satunya yakni berkaitan dengan lelang pembongkaran pasar lama dan pembangunan pasar darurat. Tahap selanjutnya baru akan dilakukan pembangunan lelang pembangunan pasar.

Rencana pembangunan empat pasar tradisional sudah disosialisasikan kepada para pedagang. Merekapun mendukung penuh rencana Pemkab Sukoharjo. Sosialisasi juga telah dilakukan pada masyarakat sekitar pasar.
“Pasar tradisional dibangun untuk memberikan fasilitas layak pada pedagang dan pembeli,” lanjutnya.

Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo meminta kepada pedagang setelah pembangunan pasar selesai mereka wajib masuk ke dalam untuk berdagang. Sebab sudah disediakan kios dan los.

“Memang itu catatan kami. Dibeberapa pasar tradisional yang sudah selesai dibangun masiha da pedagang tidak mau berdagang di dalam dan memilih di luar. Maka dari itu di empat pasar tradisional yang akan dibangun sudah sejak awal kami berikan sosialisasi,” lanjutnya.

Sutarmo mengatakan, para pedagang di empat pasar tradisional sudah menyanggupi. Selanjutnya petugas tinggal menunggu pelaksanaan saja.

Sebelumnya Pemkab Sukoharjo sudah selesai melakukan pembangunan sejumlah pasar tradisional. Seperti Pasar Ir Soekarno di Kecamatan Sukoharjo Kota, Pasar Jamu Nguter di Kecamatan Nguter, Pasar Mojolaban di Kecamatan Mojolaban, Pasar Tawangsari di Kecamatan Tawangsari, Pasar Tawangkuno di Kecamatan Weru dan Pasar Gawok di Kecamatan Baki.

“Untuk pasar tradisional kemungkinan yang belum akan dibangun yakni Pasar Kartasura karena disana ada kendala perjanjian kontrak pengelolaan dengan pihak ketiga baru selesai sekitar Tahun 2022 mendatang. Itu diselesaikan dulu baru bisa jadi kewenangan Pemkab Sukoharjo dan dibangun,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI