Enam Bulan Pertama Terjadi Tiga Kasus AKI di Sukoharjo

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Angka kematian ibu (AKI) menjadi sorotan TP PKK Sukoharjo. Para pengurus dan anggota diminta untuk membantu melakukan pemantauan bersama petugas terkait.

Terhitung Januari – Juni 2017 sudah ada tiga kasus AKI di Sukoharjo, sedangkan tahun 2016 lalu jumlahnya lebih besar mencapai 12 kasus. Ketua TP PKK Sukoharjo Etty Suryani, Rabu (07/06/2017) mengatakan, TP PKK Sukoharjo memberikan perhatian besar atas adanya kasus AKI.

“Pengurus dan anggota TP PKK Sukoharjo bisa membantu bersama petugas terkait memantau keberadaan ibu hamil di wilayahnya masing masing di 12 kecamatan,” ujarnya.

Tercatat tahun 2017 ini sudah ada tiga kasus AKI yang merupakan warga Kecamatan Gatak, Sukoharjo dan Baki. Ketiganya merupakan pendatang dari luar daerah yang tinggal dan sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Sukoharjo.

Penyebab kematian ibu hamil diperkirakan karena faktor hipertensi, jantung dan keracunan kehamilan. Penyebab tersebut diketahui TP PKK Sukoharjo berdasarkan keterangan dari petugas terkait.

TP PKK Sukoharjo berharap setelah ini tidak ada lagi kasus AKI. Dengan demikian jumlah kasus AKI tida ada lagi penambahan jumlah. (Mam)

BERITA REKOMENDASI