Etik Suryani – Agus Santosa Menang Pilkada Sukoharjo

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pasangan nomor urut 1, Etik Suryani-Agus Santosa (EA) dinyatakan menang dalam Pilkada 2020 dengan perolehan hasil 266.500 suara atau 53,34 persen. Sedangkan pasangan nomor urut 2, Joko Santosa-Wiwaha Aji Santosa (Joswi) meraih 233.108 suara atau 46,66 persen. Kepastian tersebut diketahui setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo selesai melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Pilkada 2020 di Hotel Tosan Solo Baru, Grogol.

Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda, Rabu (16/12/2020) mengatakan KPU Sukoharjo melaksanakan rapat pleno tingkat kabupaten setelah sebelumnya kegiatan serupa selesai digelar di kecamatan. Hasil rapat pleno tersebut kemudian disampaikan ke masing masing calon bupati dan wakil bupati peserta Pilkada 2020 di Sukoharjo.

Jalannya pelaksanaan rapat pleno dimulai KPU Sukoharjo dari Kecamatan Baki sempat beberapa kali tersendat. Pasalnya, ada perbedaan hasil di plano dan C hasil KWK. Namun, PPK Baki menjelaskan jika ada kesalahan tulis di C hasil KWK dan yang benar adalah C plano dan sudah direvisi dan disetujui oleh para saksi.

KPU Sukoharjo kemudian melanjutkan rapat pleno secara berurutan Kecamatan Bendosari, Bulu, Gatak, Grogol, Kartasura, Mojolaban, Nguter, Polokarto, Sukoharjo, Tawangsari, dan Kecamatan Weru. Penentuan kecamatan dalam rapat pleno dilakukan secara urut sesuai huruf abjad.

Beberapa kali protes dan adu argumen sempat terjadi dalam rapat pleno tersebut. Meski demikian kegiatan rekapitulasi dapat berjalan dengan lancar diputuskan bersama.

“Jumlah suara yang sah mencapai 499.608 dan suara tidak sah atau rusak mencapai 20.727. Total suara baik yang sah maupun tidak sah sebanyak 520.335,” ujarnya.

KPU Sukoharjo sudah menyampaikan hasil rapat pleno kepada dua pasangan calon peserta Pilkada 2020 baik EA dan Joswi. Masing masing calon bupati dan wakil bupati tersebut sudah bisa menerima dan tidak ada keberatan. (Mam)

BERITA REKOMENDASI