Etik Suryani Lantik Lima Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Lima pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkab Sukoharjo resmi dilantik. Bupati Sukoharjo Etik Suryani memimpin langsung kegiatan pengambilan sumpah dan pelantikan digelar di lobi kantor bupati Pemkab Sukoharjo, Kamis (27/05/2021).

Kelima pejabat yang dilantik tersebut yakni, Budi Susetyo diangkat sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sukoharjo. Sebelum dilantik, Budi Susetyo menjabat sebagai Kabag Hukum, Sumini diangkat sebagai Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sukoharjo. Sebelumnya Sumini menempati jabatan sebagai Plt Kepala BKPP Sukoharjo.

Pejabat lainnya yang ikut dilantik yakni, Endang Tien Maryuni diangkat sebagai Kepala Dinas Pangan Sukoharjo, Suyamto diangkat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sukoharjo dan Setyo Aji Nugroho diangkat sebagai Kepala Dinas Kepemudaan dan Olah Raga Sukoharjo.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan, pengambilan sumpah dan pelantikan pejabat sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Pelaksanaan pelantikan pejabat diatur melalui Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah atau Janji Jabatan Administrator, Jabatan Pengawas, Jabatan Fungsional dan Jabatan Pimpinan Tinggi.

Etik melanjutkan, pada pelantikan kali ini mengkhususkan pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama yang baru dan telah mengikuti proses seleksi secara terbuka dan kompetitif. Proses seleksi harus dilewati karena selain merupakan prosedur perundang-undangan, juga diharapkan agar pejabat terpilih adalah mereka yang cakap, memiliki kompetensi yang sesuai, kualifikasi pendidikan yang baik, rekam jejak yang bagus serta memiliki integritas tinggi.

Proses pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama dilakukan oleh panitia seleksi dari eksternal birokrasi melalui seleksi terbuka dan telah mendapatkan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara dan Kabupaten Sukoharjo merupakan kabupaten yang melaksanakan Pilkada serentak Tahun 2020, pelantikan terhadap pejabat ini telah memperoleh ijin tertulis resmi dari Menteri Dalam Negeri.

“Saudara yang dilantik hari ini semua merupakan Kepala Perangkat Daerah, oleh karena itu saudara memiliki beban dan tanggungjawab terhadap pembinaan kepegawaian yang ada di bawahnya. Untuk itu agar saudara dapat mengedepankan perilaku disiplin sebagai contoh dan tauladan bawahan yang saudara pimpin,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI