Etik Suryani Perintahkan Perbaikan Jalan Telukan – Parangjoro Dipercepat

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Jalan Telukan – Parangjoro di wilayah Desa Telukan, Kecamatan Grogol mengalami kerusakan parah. Penyebabnya diduga karena banyak kendaraan berukuran besar dan muatan berlebih melintas. Kondisi tersebut dikeluhkan masyarakat karena sangat membahayakan pengguna jalan.

Atas keluhan masyarakat tersebut maka Bupati Sukoharjo Etik Suryani langsung melakukan inspeksi mendadak (sidak) dan memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) mempercepat perbaikan. Bupati Sukoharjo Etik Suryani saat melakukan sidak, Rabu (03/03/2021) mengaku kaget melihat kondisi jalan mengalami kerusakan parah.

“Ada keluhan masyarakat terkait kerusakan jalan Telukan-Parangjoro di Telukan, Grogol dan saat saya cek ternyata memang rusak. Kondisi jalan banyak lubang berukuran besar dan tergenang air. Saya sudah perintahkan DPUPR Sukoharjo melakukan penanganan sementara dengan menguruk pasir dan batu. Tahap selanjutnya perbaikan berupa pembangunan jalan,” ujarnya.

Dalam sidak tersebut Etik Suryani meminta keterangan dari DPUPR Sukoharjo bahwa sebelumnya sudah ada penanganan kerusakan berupa pengaspalan jalan. Namun kondisi jalan terus rusak karena pengaruh banyaknya kendaraan berukuran besar dan muatan berlebih melintas. Selain itu kepadatan lalu lintas kendaraan juga tinggi ditambah kondisi musim hujan membuat jalan semakin cepat rusak.

Etik Suryani meminta pada DPUPR Sukoharjo melakukan penanganan bersifat sementara secepatnya. Tidak hanya menguruk jalan berlubang menggunakan pasir dan batu namun juga membuang genangan air dan membuat saluran pembuangan sementara. Hal itu dilakukan agar air hujan tidak lagi menggenang dan langsung terbuang.

“Pemkab Sukoharjo akan melakukan perbaikan kerusakan jalan secara menyeluruh. Jalan akan dicor dan dibuatkan saluran air agar air hujan terbuang dan tidak menggenang. Sebab dilokasi ini tidak ada drainasenya,” lanjutnya.

Kepala DPUPR Sukoharjo Bowo Sutopo Dwi Atmojo mengatakan, Pemkab Sukoharjo pada tahun 2020 lalu sudah memiliki program perbaikan jalan Telukan-Parangjoro di wilayah Telukan, Grogol. Perbaikan akan dilakukan menggunakan sistem cor beton dan tidak lagi memakai aspal. Anggaran yang disediakan sekitar Rp 7 miliar. Namun perbaikan terpaksa ditunda karena kondisi pandemi virus corona.

Pemkab Sukoharjo tetap melakukan pemeliharaan jalan karena ada kerusakan dengan mengaspal ulang. Pengaspalan dilakukan agar jalan bisa layak digunakan masyarakat. Namun karena curah hujan tinggi dan banyak kendaraan berukuran besar melintas maka kerusakan cepat terjadi serta semakin parah. (Mam)

BERITA REKOMENDASI