Etik Suryani Tinjau Underpass Makamhaji

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Perbaikan Underpass Makamhaji Kartasura resmi dimulai, Senin (21/02/2022) dan diperkirakan selesai Senin (07/03/2022). Bupati Sukoharjo Etik Suryani meninjau langsung dengan mendatangi lokasi. Semua pemenuhan kebutuhan perbaikan masih menjadi kewenangan pemerintah pusat.

Etik Suryani mengatakan, kondisi kerusakan Underpass Makamhaji Kartasura sudah sangat parah. Maka wajar masyarakat memprotes keras kerusakan tersebut. Pemkab Sukoharjo langsung bergerak cepat dengan melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat untuk meminta perbaikan.

“Kerusakan Underpass Makamhaji Kartasura akhirnya dimulai karena itu saya datang lihat secara langsung. Perbaikan sebagai respon cepat atas keluhan masyarakat. Untuk sementara akses jalan ditutup total,” ujarnya.

Etik Suryani dalam peninjauan tersebut mendapat keterangan langsung dari Balai Perkeretaapian, DPU dan Dishub Sukoharjo terkait teknis perbaikan. Selain itu di lokasi juga sudah terpasang gambar detail rencana perbaikan Underpass Makamhaji Kartasura.

Perbaikan dilakukan pada grill disebelah barat dan timur karena mengalami kerusakan parah. Selain itu perbaikan juga dilakukan pada saluran air. Balai Perkeretaapian nantinya akan melakukan pengecoran agar lebih kuat.

Pemkab Sukoharjo sudah meminta pada DPU dan Dishub Sukoharjo untuk terus melakukan koordinasi dan pemantauan selama proses perbaikan Underpass Makamhaji. Setelah selesai nantinya Pemkab Sukoharjo tetap akan melihat kondisi perbaikan dan jaminan hasil pengerjaan sesuai harapan dan tidak rusak lagi.

Kedepan setelah perbaikan Underpass Makamhaji Kartasura selesai juga akan dilakukan pengaturan lalu lintas khususnya kendaraan bertonase besar. Sebab keberadaan kendaraan tersebut menjadi pemicu utama kerusakan jalan.

Pengaturan lalu lintas kendaraan bertonase besar tersebut akan dilakukan koordinasi antara Dishub Sukoharjo dengan Dishub dari kabupaten kota lain di Solo Raya yang berdekatan dan mengakses Underpass Makamhaji Kartasura. Salah satu yang akan diajak koordinasi yakni Dishub Kota Solo.

“Setelah perbaikan Underpass Makamhaji Kartasura selesai maka ada pengaturan lalu lintas khususnya kendaraan bertonase besar,” lanjutnya.

Kendaraan bertonase besar dijelaskan Etik Suryani akan dialihkan menggunakan jalan lain. Pengalihan tersebut dipersiapkan sejak sekarang oleh Dishub Sukoharjo.

Etik Suryani menambahkan, Underpass Makamhaji Kartasura masih menjadi aset kewenangan pemerintah pusat. Hingga saat ini belum diserahterimakan pada daerah. Pemkab Sukoharjo masih menunggu perkembangan usai perbaikan.

“Harus dipastikan dulu kondisi Underpass Makamhaji Kartasura baik dan tidak rusak baru diserahterimakan ke daerah. Kami butuh jaminan karena memang perawatan Underpass Makamhaji Kartasura mahal sekali,” lanjutnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo Bowo Sutopo Dwi Atmojo mengatakan, perbaikan Underpass Makamhaji Kartasura sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah pusat. Namun demikian Pemkab Sukoharjo tetap berkoordinasi dan melakukan pemantauan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo Toni Sribuntoro mengatakan, selama perbaikan akses jalan Underpass Makamhaji Kartasura ditutup total. Dishub Sukoharjo dibantu Satlantas Polres Sukoharjo sudah menurunkan petugas untuk membantu pengaturan lalu lintas. Selain itu juga telah dipasang rambu petunjuk arah dan larangan melintas ke Underpass Makamhaji Kartasura.

“Sudah ada pengalihan arus lalu lintas kendaraan. Akses Underpass Makamhaji Kartasura untuk sementara ditutup total karena ada perbaikan kerusakan,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI