Faktor Cuaca, Kenaikan Harga Cabai Tak Bisa Dihindari

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Harga sejumlah bahan pangan mengalami kenaikan diantaranya cabai, bawang merah, telur ayam dan daging ayam. Kenaikan dipicu karena faktor hujan deras yang menyebabkan banjir disejumlah daerah penghasil sayuran. Selain itu juga disebabkan tingginya permintaan pasar menjelang natal dan tahun baru.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo, Sutarmo, Minggu (20/12/2020) mengatakan, kenaikan paling mencolok terjadi pada cabai. Harga sayuran jenis ini naik disebabkan karena faktor cuaca dimana hujan deras menyebabkan banjir disejumlah daerah penghasil. Kondisi tersebut mengakibatkan panen cabai ditingkat petani turun.

Harga paling tinggi terjadi pada cabai merah keriting mencapai Rp 55.000 per kilogram sejak seminggu lalu. Harga tersebut sempat turun Rp 50.000 per kilogram dalam dua hari terakhir. Meski turun, Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo memperkirakan kenaikan harga masih bisa dimungkinkan terjadi karena faktor cuaca dimana curah hujan mengalami peningkatan dan tingginya permintaan pasar.

BERITA REKOMENDASI