Fasilitas Pelayanan Kesehatan Penanganan Corona di Sukoharjo Mencukupi

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Fasilitas pelayanan kesehatan penanganan virus corona di Sukoharjo masih mencukupi. Hal itu sekaligus jaminan mengingat kondisi sekarang status Sukoharjo zona merah dengan tingkat risiko penularan Virus Corona tinggi. Penanganan dilakukan dengan menyiapkan tempat rawat inap di rumah sakit rujukan maupun isolasi mandiri di rumah sehat di wilayah Kelurahan Mandan, Kecamatan Sukoharjo.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Senin (19/10/2020), mengatakan, fasilitas pelayanan kesehatan penanganan Virus Corona di Sukoharjo masih mencukupi dengan penyiapan tempat pemeriksaan mulai dari dasar di Puskesmas, RSUD Ir Soekarno Sukoharjo dan sejumlah rumah sakit lainnya di Sukoharjo. Penanganan pasien juga dilakukan dengan merujuk pasien virus corona ke rumah sakit rujukan lain sesuai tunjukan pemerintah pusat.

Penyiapan fasilitas kesehatan tersebut sangat penting untuk mempercepat penanganan kasus positif Virus Corona. Terlebih lagi kondisi sekarang Sukoharjo berstatus zona merah dengan tingkat risiko penularan Virus Corona tinggi.

“Penting adanya jaminan ketersediaan tempat dan fasilitas pelayanan kesehatan untuk menangani kasus Virus Corona. Kondisi di Sukoharjo masih mencukupi bahkan berlebih. Pasien akan cepat tertangani terlebih lebih status sekarang sudah zona merah,” ujarnya.

Yunia menegaskan, penanganan kasus virus corona di Sukoharjo sudah cepat dengan melibatkan sejumlah pihak terkait. Termasuk juga berkoordinasi dengan pihak rumah sakit lain di Sukoharjo dan Kota Solo sebagai pusat rujukan. Penanganan juga dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo dengan menyediakan rumah sehat sebagai tempat isolasi mandiri milik daerah di wilayah Kelurahan Mandan, Kecamatan Sukoharjo.

“Tempat tidur atau bangsal termasuk ruangan dan tenaga medis untuk penanganan virus corona di Sukoharjo mencukupi. Bahkan kondisi di rumah sehat Mandan, Sukoharjo baru terisi 3 orang kasus positif virus corona. Padahal tempat yang disediakan disana sangat banyak,” lanjutnya.

Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo diketahui akumulasi kasus positif virus corona di Sukoharjo sekarang 876 kasus. Rinciannya, 74 kasus isolasi mandiri, 24 kasus rawat inap, 3 kasus isolasi mandiri di rumah sehat Mandan, Sukoharjo, 732 kasus sembuh dan selesai isolasi mandiri dan 43 kasus meninggal dunia.

“Dari data itu diketahui ada 101 kasus positif virus corona aktif. Rinciannya, 74 kasus isolasi mandiri, 24 kasus rawat inap, 3 kasus isolasi mandiri di rumah sehat Mandan, Sukoharjo. Pasien semua sudah tertangani petugas,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI