Gangguan Server di Hari Pertama UNBK SMP

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)  tingkat SMP/MTs pada hari pertama terkendala gangguan server, Senin (23/4). Akibatnya ujian menjadi molor 5-10 menit. Meski sempat terganggu namun secara keseluruhan ujian dapat berjalan dengan lancar sampai akhir.

Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Dwi Atmojo Heri mengatakan, server yang mengalami gangguan berasal dari pusat. Sebab daerah hanya tinggal menjalankan saja menggunakan komputer di sekolah. Gangguan server dapat cepat terselesaikan dan digunakan oleh siswa.

Server terganggu hanya sebentar sekitar 5-10 menit di sekolah. Meski demikian siswa sempat merasa tidak nyaman sebelum akhirnya ditenangkan guru pengawas di masing masing sekolah.

"Gangguan server membuat pelaksanaan UNBK sempat molor sedikit. Sebab siswa mengalami kesulitan membuka naskah soal di komputer," ujar Heri.

Penyebab gangguan server belum diketahui secara pasti karena menjadi kewenangan sepenuhnya oleh pusat. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo menduga disebabkan server tidak kuat mengingat banyak siswa mengakses dalam waktu bersamaan.

"Secara keseluruhan pelaksanaan UNBK hari pertama lancar meski sempat ada gangguan server," lanjutnya.

Kepala SMPN 1 Baki Jaka Supaya Bagya mengatakan, ada 247 siswa yang mengikuti UNBK. Mereka dibagi dalam tiga sesi untuk mengikuti ujian. Sebab di sekolah hanya ada tiga laboratorium masing masing dapat digunakan 30 siswa atau total keseluruhan 90 siswa. (Mam)

BERITA REKOMENDASI