Gawat Darurat, Boyolali Punya Call Center 119

BOYOLALI (KRjogja.com) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali melakukan lounching layanan call center 119, Jumat (1/7/2016)  untuk pelayanan kesehatan warga Boyolali. Masyarakat bisa mendapat pelayanan ambulan dan tenaga medis secara gratis dalam kondisi gawat darurat.   

Kabid Pelayanan Kesehatan (Dinkes) Dinkes Boyolali, dokter Sherly Jeanne, Jumat (1/7/2016) mengatakan, mulai saat ini, layanan yang sudah beroperasi sejak tahun 2013 dan mendapat penghargaan sebagai top 99 Inovasi Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tahun 2015 tersebut sudah terkoneksi langsung dengan National Command Center (NCC) atau Pusat Komando Nasional.

“Masyarakat bebas bertanya, berkonsultasi, atau meminta bantuan untuk masalah kegawat daruratan selama 24 jam penuh, semisal jika ada kecelakaan atau masyarakat yang butuh penanganan kesehatan secara mendesak, tinggal pencet nomor 119 tanpa kode area. Petugas juga akan langsung ke lokasi,” kata Sherly.

Untuk mengoptimalkan pelayanan, terdapat lima operator yang siaga 24 jam dengan dua ambulan dan tenaga medis yang siap untuk menuju lokasi setiap saat bila dibutuhkan. Bila dua ambulan tersebut tak tersedia karena sedang beroperasi, imbuh Sherly, pihaknya sudah bekerja sama dengan pihak yang memiliki ambulan semisal PMI, RS, Puskesmas, atau kepolisian, untuk ikut melakukan pelayanan. (M-9)

BERITA REKOMENDASI