Gedung Arsip BPN Klaten Terbakar

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Gedung penyimpanan arsip Badan Pertanahan Nasional (BPN) Klaten terbakar, Sabtu (22/05/21). Api diketahui sudah membesar sejak sekitar pukul 18.00 WIB. Petugas pemadam kebakaran mengalami kendala karena armada tidak bisa masuk ke area belakang gedung yang terbakar tersebut.

Akibat kebakaran tersebut, arus lalu-lintas dari arah Yogya menuju Solo yang biasa melewati jalan raya depan kantor BPN dialihkan ke jalur lain. Hal ini untuk memperlancar lalu-lalang mobil pemadam kebakaran silih berganti menuju kantor BPN.

Kepala Satpol PP Kabupaten Klaten Joko Hendrawan di lokasi kejadian mengemukakan, dari laporan yang diterima kejadian berawal dari gedung arsip terlihat api. Selanjutnya tim pemadam kebakaran dari Satpol PP turun untuk melakukan pemadaman. Dalam kegiatan tersebut tim damkar dibantu oleh para relawan, TNI, Polri, BPBD, SAR dan PMI.

“Untuk menjinakkan api yang membakar gedung arsip tersebut, dikerahkan empat mobil pemadam kebakaran dengan 30 personil Damkar dibantu personil gabungan dari berbagi elemen tersebut,” kata Joko Hendrawan.

Penyebab kebakaran, hingga berita ini ditulis masih dalam penyelidikan, namun diduga sementara karena korsleting listrik. Salah seorang warga di sekitar tempat kejaidan, Sukirno mengemukakan, warga tiba-tiba melihat api sudah membesar dan membakar atap gedung arsip yang terpisah dengan gedung induk BPN.

Selanjutnya warga melaporkan kejaidan itu ke petugas pemadam kebakaran. “Tiba-tiba nampak api sudah membesar. Warga langsung lapor ke pemadam kebakaran. Tim pemadam segera datang, namun sempat mengalami kendala, karena tidak ada akses untuk masuk ke belakang gedung,” kata Sukirno. (Sit)

BERITA REKOMENDASI