Gelar Pilkade, Desa Dibantu Rp30 Juta

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo mengalokasikan dana bantuan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 126 desa masing masing desa mendapatkan Rp 30 juta. Bantuan tersebut hanya stimulan dan kebutuhan tambahan bisa diambilkan dari dana desa setempat.

Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Sukoharjo Setyo Aji Nugroho, Minggu (4/3) mengatakan, nilai dana bantuan sebesar Rp 30 juta untuk desa menyelenggarakan Pilkades sudah disetujui. Nilai tersebut sama seperti disetiap penyelenggaraan Pilkades tahun sebelumnya.

Dia mengakui nilai Rp 30 juta dianggap belum memenuhi kebutuhan penyelenggaraan Pilkades. Karena itu desa diberikan kelonggaran mengalokasikan dana tambahan menggunakan dana desa setempat.

“Pengalokasian dana untuk penyelenggaraan Pilkades bisa dilakukan desa dengan memasukannya melalui APBDes. Itu penting sebab kalau menggantungkan bantuan dari pemerintah belum cukup,” ujar Setyo Aji Nugroho.

Dia menjelaskan kebutuhan dana penyelenggaraan Pilkades di masing masing desa berbeda disesuaikan dengan kondisi wilayah. Desa dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi atau jumlah pemilih banyak maka nilai kebutuhan dana penyelenggaraan Pilkades juga besar. Begitupula sebaliknya desa apabila pemilihnya sedikit maka kebutuhan dananya kecil.

Sesuai aturan dari pemerintah setiap penyelenggaraan Pilkades pemerintah daerah wajib memberikan dana bantuan. Nominal yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. (Mam)

BERITA REKOMENDASI