Gelar Potensi Sukoharjo Expo, Usaha Mengangkat UMKM Daerah

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo selenggarakan gelar potensi daerah Sukoharjo Expo 2019 skala nasional untuk kali pertama dengan diikuti seratusan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan diselenggarakan 23-27 Agustus di Alun Alun Satya Negara Sukoharjo mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat untuk mendorong pertumbuhan industri kreatif.

Baca Juga: "Semangka Aku Pernah Dipegang"

Asisten Deputi Bidang Pertanian dan Perkebunan Kementerian Koperasi dan UKM, Dewi Syarlen saat membuka acara, Jumat (23/8/2019) mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementerian Koperasi dan UKM sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Pemkab Sukoharjo. Gelar potensi daerah Sukoharjo Expo 2019 dapat menjadi wadah penting bagi pelaku UMKM baik di Sukoharjo maupun daerah lain di Indonesia dalam mengembangkan diri. Pengembangan baik dari sisi promosi maupun peningkatan usaha penjualan. Dengan demikian maka para pengusaha bisa semakin maju dan tidak mengalami ketertinggalan.

Gelar potensi juga menjadi media pamer dan mengangkat citra produk unggulan dari pelaku UMKM. Terlebih lagi pemerintah pusat sekarang sedang mengenjot ekonomi kreatif sebagai masa depan bangsa Indonesia.

"Industri kreatif sangat potensial untuk dikembangkan di daerah. Salah satunya industri kreatif bidang kebudayaan dan kearifan lokal setiap daerah yang tidak dimiliki negara lain," ujarnya.

Pengembangan industri kreatif yang diharapkan pemerintah pusat masih menemui sejumlah kendala di daerah. Salah satunya seperti terbatasnya akses pemasaran dan juga akses permodalan. Untuk itu, Kementerian membuat program yang sudah dan akan dilaksanakan antara lain perluasan akses pemasaran bagi UMKM, pengembangan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), kampung digital yang bersinergi dengan PT Telkom, peningkatan kapasitas SDM berbasis teknologi degital, perluaaan akses pembiayaan melaui KUR, serta pengelolaan dana bergulir bagi UMKM.

Program yang sudah dijalankan pemerintah tersebut telah memberikan dampak peningkatan kewirausahaan dan mendukung perekonomian nasional. Sukoharjo Expo sebagai wujud nyata dan komitmen Pemkab Sukoharjo dalam penguatan jaringan UMKM. Pemerintah pusat berharap kegiatan semacam ini juga diselenggarakan didaerah lain secara serentak. Sebab keberadaanya banyak memberikan manfaat besar baik bagi pelaku UMKM maupun pemerintah.

"Dalam gelar potensi daerah Sukoharjo Expo 2019 seperti ini maka produsen dalam hal ini pelaku UMKM bisa bertemu langsung dengan pembeli. Hal ini sangat banyak memberikan keuntungan," lanjutnya.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, Sukoharjo Expo 2019 merupakan upaya membangun citra positif mendorong industri kreatif di Sukoharjo. Saat ini, sektor industri dapat berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah khususnya dalam penyerapan tenaga kerja dan sumbangan Pendapatan Domestik Bruto.

Baca Juga: Wow.. Semangka Bisa Gantikan Viagra?

Pemkab Sukoharjo sangat besar memberikan perhatian serius kepada para pelaku UMKM baik dari sisi permodalan, pendampingan, pelatihan hingga menyediakan media promosi seperti gelar potensi. Kegiatan sudah diselenggarakan setiap tahun dengan mengambil momen peringatan HUT RI dan HUT Kabupaten Sukoharjo.

Pada setiap penyelenggaraan Sukoharjo Expo selalu diikuti seratusan pelaku UMKM baik dari Sukoharjo maupun luar daerah. Mereka mampu menampilkan berbagai hasil produksi dan ciri khas. 

"Para perajin diharapkan untuk kreatif dan inovatif agar mampu menghasilkan produk-produk yang memiliki daya saing tinggi, sehingga dapat menjadi produk-produk unggulan yang mampu bersaing dipasar internasional," ujarnya.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Sukoharjo, Sutarmo mengatakan, kegiatan itu merupakan rangkaian Hari Lahir Sukoharjo Ke-73, dan HUT Kemerdekaan RI Ke-74. Expo tersebut untuk mempromosikan Sukoharjo dengan berbagai potensinya sehingga bisa memberikan kontribusi dalam meningkatnya daya saing produk unggulan Sukoharjo dan membuka peluang investasi.

"Pada tahun 2019 ini untuk kali pertama Sukoharjo Expo digelar dengan skala nasional. Sebab sebelumnya diselenggarakan hanya tingkat lokal Sukoharjo kemudian naik menjadi Solo Raya dan Provinsi Jawa Tengah. Diharapkan peningkatan ini juga berdampak baik pada meningkatnya usaha pelaku UMKM," ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI