Gudang Daur Ulang Plastik Terbakar

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Kebakaran terjadi di gudang daur ulang plastik di jalan raya Kluyon, Desa Waru, Kecamatan Baki, sekitar pukul 01.00 WIB Senin (14/9/2020). Akibat kejadian tersebut pemilik Sri Hastuti mengalami kerugian besar sekitar Rp 100 juta. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan petugas, namun diduga akibat adanya pembakaran sampah liar.

Kabid Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo, Margono, mengatakan, kronologis kejadian bermula saat warga melihat adanya api dan kepulan asap hitam di gudang daur ulang plastik di jalan raya Kluyon, Desa Waru, Kecamatan Baki, sekitar pukul 01.00 WIB Senin (14/9/2020). Warga kemudian berusaha melakukan pemadaman secara manual. Namun usaha tersebut mengalami kesulitan mengingat api sudah terlanjur besar. Selain itu gudang dalam kondisi terkunci dan tertutup dari dalam.

Warga kemudian melaporkan kejadian kebakaran tersebut ke petugas terdekat. Selanjutnya dilaporkan ke Pemadam Kebakaran Satpol PP Sukoharjo. Selang tidak lama lima unit mobil pemadam kebakaran datang dari Pemadam Kebakaran Satpol PP Sukoharjo dan Kota Solo.

Upaya pemadaman dengan cara menyemprotkan air menggunakan lima unit mobil pemadam kebakaran dilakukan petugas. Api yang terlanjur besar dan kondisi gudang berisi bahan mudah terbakar berupa plastik membuat upaya pemadaman tersebut mengalami kesulitan. Kondisi semakin sulit mengingat kencangnya angin berhembus dilokasi kejadian.

Petugas terus berusaha keras memadamkan api dengan memaksa masuk mendekat ke dalam gudang yang kebakaran. Lokalisir tersebut berhasil dan selang tidak lama kebakaran dapat tertangani semua.

“Kondisi gudang yang kebakaran mengalami kerusakan parah sekitar 80 persen. Api yang membakar besar karena didalam gudang berisi bahan mudah terbakar berupa plastik,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI