Gugus Tugas Siapkan 26 Faskes Tempat Vaksinasi Virus Corona

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo menyiapkan sebanyak 26 fasilitas kesehatan (Faskes) sebagai tempat vaksinasi virus corona. Tempat tersebut disediakan dalam jumlah banyak dan tersebar disemua wilayah untuk mempermudah jangkauan ke masyarakat atau sasaran vaksin.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Senin (11/01/2021) mengatakan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo total menyiapkan 26 Faskes sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi virus corona. Tempat tersebut tersebar merata di 12 kecamatan untuk mempermudah jangkauan masyarakat dan pemberian vaksin pada warga atau sasaran.

Rincian tempat tersebut yakni, 10 Puskesmas, 10 rumah sakit, 1 klinik Pratama Polri dan tiga klinik Pratama TNI. Kesiapan tempat tersebut terus dipantau Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo mengingat sangat dibutuhkan saat vaksinasi virus corona digelar.

Persiapan juga dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo berkaitan dengan tenaga kesehatan. Di masing masing Faskes nanti akan disediakan tenaga kesehatan dalam jumlah banyak untuk mempermudah pelayanan pada warga penerima vaksin.

“Ada 26 Faskes sudah disediakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo terkait kegiatan vaksinasi virus corona. Tenaga kesehatan juga telah disediakan dan tinggal menunggu pelaksanaan saja dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Pelaksanaan vaksinasi nanti masih menunggu kesiapan vaksin dari pemerintah pusat untuk Kabupaten Sukoharjo. Apabila sudah ada maka proses vaksinasi virus corona tinggal dilaksanakan. Proses pelaksanaan vaksinasi dikatakan Yunia dilakukan secara bertahap kepada penerima atau sasaran vaksin. Sebab vaksin yang diterima pada tahap pertama nanti kemungkinan jumlahnya sangat terbatas.

Sebanyak 26 Faskes yang disediakan tersebut diharapkan mampu melayani dan menjangkau sasaran vaksinasi virus corona. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo berharap tidak ada warga yang memenuhi syarat vaksin tercecer nanti.

“Vaksinasi secara keseluruhan untuk masyarakat umum kami masih menunggu dari pemerintah pusat. Namun yang jelas persiapan sudah dilakukan daerah baik tempat maupun tenaga kesehatan,” lanjutnya.

Pada pelaksanaan vaksinasi virus corona nanti Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo akan memberikan dengan sasaran usia 18-59 tahun. Selain itu juga kondisi peserta vaksinasi dalam keadaan sehat dan tidak memiliki penyakit penyerta berat.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo rencannya akan melaksanakan vaksinasi tahap pertama terhadap 10 tokoh masyarakat. Nama nama peserta tersebut masih dipersiapkan oleh petugas sebagai penerima pertama vaksin.

Tahap pertama tersebut digelar oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo sesuai dengan instruksi pemerintah pusat 13 Januari serentak. Sosialisasi juga dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo berkaitan dengan vaksinasi virus corona kepada masyarakat.

Tahapan berikutnya kedua akan dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo pada 14-15 Januari. Pada tahap ini peserta vaksinasi akan dilakukan terhadap sekitar 8.000 tenaga kesehatan. (Mam)

BERITA REKOMENDASI