Gugus Tugas Sukoharjo Persiapan Vaksinasi Corona

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 15 fasilitas kesehatan (faskes) sebagai tempat vaksinasi virus corona telah disiapkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo. Sasaran vaksinasi akan diberikan pada tenaga kesehatan (nakes), guru, layanan publik, serta TNI-Polri. Persiapan masih terus dilakukan mengingat sampai sekarang belum diketahui berapa kuota vaksin yang diberikan pemerintah pusat dan dibiayai Pemkab Sukoharjo.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Selasa (22/12/2020), mengatakan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo tetap melakukan persiapan vaksinasi virus corona ditengah kondisi masih pandemi. Langkah tersebut dilakukan setelah pemerintah pusat memberikan rencana terkait vaksinasi untuk penanganan kasus virus corona.

Persiapan yang dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo sekarang yakni menyiapkan sebanyak 15 faskes sebagai tempat vaksinasi. Tempat tersebut dipilih dekat dengan masyarakat sebagai sasaran pemberian vaksinasi.

Tempat yang dipilih tersebut yakni sebanyak 12 puskesmas di masing masing kecamatan dan tiga rumah sakit. Ketiganya yakni, RSUD Ir Soekarno Sukoharjo, Rumah Sakit Dr Oen Solo Baru Grogol dan Rumah Sakit UNS Kartasura. Sebanyak 15 tempat tersebut sekarang masih melakukan persiapan berkaitan dengan petugas dan peralatan yang akan digunakan.

“Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo sudah melakukan persiapan vaksinasi virus corona. Total ada 15 faskes sudah disediakan dan tersebar merata di Sukoharjo. Artinya sasaran vaksinasi nanti bisa mudah dan dekat saat mendapat vaksin,” ujarnya.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo melakukan gerak cepat agar vaksinasi bisa segera berjalan. Dalam pelaksanaanya nanti daerah tetap melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat.

Koordinasi tersebut salah satunya berkaitan dengan kuota vaksin yang akan diberikan pemerintah pusat. Kuota sangat dibutuhkan untuk menentukan berapa sasaran yang bisa mendapat vaksin.

“Sasaran vaksinasi akan diberikan pada tenaga kesehatan (nakes), guru, layanan publik, serta TNI-Polri. Tapi kami belum tahu berapa angka yang akan ikut vaksinasi nanti. Kami masih menunggu kuota vaksin lebih dulu dari pemerintah pusat,” lanjutnya.

Pengadaan utama vaksin sendiri dilakukan pemerintah pusat untuk dibagi ke semua daerah termasuk di Sukoharjo. Meski begitu, Yunia mengatakan, Pemkab Sukoharjo tetap diminta menyiapkan anggaran untuk operasional pelaksanaan vaksinasi. Seperti sosialisasi, penyiapan sarana prasarana, distribusi vaksin dan lainnya. Anggaran tersebut sekarang telah disiapkan dan segera digunakan menunggu kesiapan semua selesai. (Mam)

BERITA REKOMENDASI