Gugus Tugas Terima Berkas Pengajuan Izin Perguruan Tinggi

Yunia mengatakan, dari informasi yang diberikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona di masing masing perguruan tinggi dan sekolah tinggi mereka sudah menyatakan kesanggupannya. Bahkan uji coba penerapan protokol kesehatan sudah diterapkan.

“Perguruan tinggi dan sekolah tinggi memang belum menggelar PTM. Tapi mereka sudah melaksanakan protokol kesehatan berupa pengecekan suhu tubuh bagi siapa saja yang keluar masuk, memakai masker, menyediakan hand sanitizer dan mencuci tangan menggunakan sabun pada air mengalir,” lanjutnya.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo mencatat ada sejumlah perguruan tinggi dan sekolah tinggi berada di wilayah Kabupaten Sukoharjo. Aktivitas mereka sudah cukup lama terhenti karena pandemi virus Corona.

“Protokol kesehatan wajib dilaksanakan. Tidak sekedar menyediakan sarana dan prasarana saja tapi juga kesadaran diri seperti memakai masker. Apalagi mahasiswa di perguruan tinggi berasal dari berbagai daerah dan berbagai kondisi di daerahnya masing masing terkait tingkat risiko penularan virus Corona,” lanjutnya.

Yunia mengatakan, nantinya sebelum izin rekomendasi PTM dikeluarkan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo akan meminta keterangan terkait teknis pelaksanaannya. Sebab dibutuhkan pengawasan ekstra ketat dari pihak perguruan tinggi dan sekolah tinggi saat menerapkan PTM agar tidak terjadi penularan virus Corona.

“Saat izin rekomendasi diberikan harapannya PTM berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Jangan sampai ada klaster baru penularan virus Corona di perguruan tinggi dan sekolah tinggi,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI