Gugus Tugas Tingkat Desa Diminta Aktif Bantu ‘Operasi Masker’

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona tingkat desa dan kelurahan diminta aktif membantu melakukan operasi masker di wilayahnya masing masing. Kegiatan dilakukan untuk menekan kasus positif virus corona. Operasi masker serupa sudah sering dilakukan petugas gabungan tingkat kabupaten disejumlah wilayah.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Senin (21/9/2020), mengatakan, operasi masker dilakukan tim gabungan selama ini bersifat masih menyasar dipusat kota atau keramaian di kecamatan saja, padahal pelanggaran protokol kesehatan justru banyak dilakukan sampai ditingkat desa dan kelurahan. Kondisi tersebut dikhawatirkan bisa mengakibatkan peningkatan kasus penularan virus corona.

“Gugus Tugas ditingkat desa dan kelurahan diminta membantu melakukan operasi masker di wilayahnya masing masing. Terus ditekan angka pelanggaran agar kasus positif virus corona bisa turun hingga nol kasus,” ujarnya.

Pemaksimalkan gugus tugas ditingkat desa dianggap efektif dalam membantu menekan angka kasus positif virus corona. Bupati mengatakan, ada 167 desa dan kelurahan di Sukoharjo yang sudah memiliki gugus tugas sendiri dan mereka diminta aktif.

“Operasi masker tim gabungan sekarang sudah efektif karena digelar setiap hari. Tapi lebih efektif lagi melibatkan gugus tugas dan operasi masker digelar secara serentak sampai tingkat desa dan kelurahan,” lanjutnya.

Bupati mengatakan, dengan operasi masker serentak di 167 desa dan kelurahan melibatkan gugus tugas maka akan mempersempit ruang gerak pelanggaran protokol kesehatan. Disisi lain juga mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dengan memakai masker saat berada diluar rumah.

“Gugus tugas di desa dan kelurahan silahkan operasi masker dengan tetap berkoordinasi melibatkan gugus tugas kabupaten. Warga sampai di kampung tetap wajib menaati protokol kesehatan memakai masker,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI